Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Mistis yang Tak Mempan Dibakar di Gunungkidul

Rabu, 13 Maret 2024 - 12:01 WIB
loading...
Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Mistis yang Tak Mempan Dibakar di Gunungkidul
Masjid Sunan Kalijaga di Dusun Blimbing, Kalurahan Girisekar Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Foto: MPI/Erfan Erlin
A A A
GUNUNGKIDUL - Kisah penyebaran Islam di Gunungkidul memang tak lepas dari sosok salah seorang wali, Sunan Kalijaga. Hampir di setiap sudut Gunungkidul, banyak ditemukan situs ataupun benda cagar budaya yang dipercaya peninggalan Sunan Kalijaga.

Beberapa tempat seperti sendang, petilasan ataupun masjid dijumpai di sejumlah kapanewon (kecamatan) di Gunungkidul. Setiap tempat tentu berkembang cerita misteri baik kala Sunan Kalijaga di tempat tersebut ataupun cerita lainnya

Salah satunya adalah Masjid Sunan Kalijaga yang ada di Dusun Blimbing, Kalurahan Girisekar Kapanewon Panggang, Gunungkidul. Masjid tersebut sampai saat ini masih kokoh berdiri meskipun sudah mengalami beberapa kali perbaikan atau renovasi.

Dari luar, masjid ini memang mirip dengan yang lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah tiang-tiang yang ada di bangunan utama masjid. Di mana masjid ini memiliki 4 tiang yang berfungsi untuk menyangga atap tempat mustaqa (kubah) masjid.



Sesepuh warga Dusun Blimbing, Atemo Sentono mengatakan tak ada yang tahu pasti kapan masjid tersebut didirikan. Hanya saja, berdasar cerita tutur yang diterimanya dari pendahulu, pertama kali bangunan yang didirikan bukan merupakan masjid, melainkan tajuk.

Tajuk adalah bangunan kecil untuk beribadah, yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu. “Tajuk didirikan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga, untuk tempat beribadah Ki Pemanahan,” cerita Mbah Atemo, Rabu (13/3/2024).

Di sisi kanan atau sebelah selatan tajuk, ada sebuah sumur dengan kedalaman 15 meter. Dulu, sebelum direnovasi oleh warga, sumur ini tidak pernah mengering sekalipun di musim kemarau panjang.

Namun usai direnovasi, justru sumur tersebut bisa mengering ketika kemarau panjang.

Dua bangunan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Masjid Sunan Kalijaga. Dua bangunan ini juga masih ada dan berfungsi dengan baik. Sumur tersebut masih dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus untuk kebutuhan masjid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)