alexametrics

Israel: Ambisi Nuklir Iran akan Dijawab Militer AS dan Sekutu

loading...
Israel: Ambisi Nuklir Iran akan Dijawab Militer AS dan Sekutu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) dan Menteri Intelijen Yisrael Katz. Foto/REUTERS
A+ A-
TEL AVIV - Menteri Intelijen Israel Yisrael Katz memperingatkan Iran jika terus berambisi mengejar program nuklirnya maka akan mendapat jawaban dari militer Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.

Komentar Katz itu menanggapi pengumuman kepala otoritas nuklir Iran, Ali Akbar Salehi, bahwa Republik Islam siap untuk membangun sentrifugal canggih dan memperkaya uranium secara lebih lanjut.
 
Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, Salehi mengatakan Iran tidak akan tergoyahkan oleh sanksi Presiden Donald Trump dan penarikan AS dari kesepakatan nuklir global 2015.
 
"Jika Iran menekan itu (mengejar program nuklir) akan menghadapi ancaman langsung dari Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya," kata Katz, seperti dikutip Ynet, Jumat (14/9/2018).

Hengkangnya AS dari kesepakatan nuklir global—Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) 2015—yang diikuti dengan pemberlakuan kembali sanksi Washington terhadap Teheran telah mengguncang ekonomi Iran. Katz mengatakan Iran dapat menyerah pada Trump atau menyaksikan keruntuhan ekonominya

Komentar Katz yang secara tersirat berambisi menyerang Iran bukan pertama kalinya dimuncul pejabat Israel. Pada bulan Februari lalu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa militer negaranya akan bertindak melawan Iran jika diperlukan dan menegaskan kembali bahwa rezim Teheran merupakan ancaman terbesar di dunia.



"Israel tidak akan membiarkan rezim ini untuk meletakkan jerat teror di leher kita," kata Netanyahu.

Kemudian pada akhir Agustus lalu, Netanyahu mengunjungi Pusat Penelitian Nuklir Negev di dekat Dimona dan secara tersirat memperingatkan Iran yang diasumsikan sedang berusaha mendapatkan senjata nuklir.

"Mereka yang mengancam untuk memusnahkan kita, menempatkan diri mereka dalam bahaya yang sama, dan dalam hal apa pun tidak akan mencapai tujuan mereka," kata Netanyahu.

"Musuh kami tahu betul apa yang Israel mampu, mereka tahu kebijakan kami, dan siapa saja yang mencoba menyakiti kami, kami akan merugikan mereka," lanjut Netanyahu.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak