Pentagon Tolak Permintaan Kirim Marinir ke Taiwan

Kamis, 13 September 2018 - 22:51 WIB
Pentagon Tolak Permintaan Kirim Marinir ke Taiwan
Pentagon Tolak Permintaan Kirim Marinir ke Taiwan
A A A
WASHINGTON - Pentagon menolak permintaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk menempatkan detasemen Marinir ke Taiwan guna menjaga kedutaan AS di sana. Hal itu diungkapkan oleh tiga pejabat AS yang mengetahui hal tersebut.

"Keputusan untuk menolak permintaan itu dibuat oleh Menteri Pertahanan James Mattis bulan lalu," menurut dua pejabat seperti dikutip dari CNN, Kamis (13/9/2018).

Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada CNN bahwa sebelum permintaan ditolak, perencana militer telah mengantisipasi Marinir tiba di Taiwan pada awal bulan depan.

Ditanya tentang keputusan itu, seorang pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan kepada CNN: "Kami tidak membahas masalah keamanan khusus mengenai perlindungan fasilitas atau personel kami."

Para pejabat AS mengatakan kepada CNN pada bulan Juni bahwa Departemen Luar Negeri telah meminta pengerahan detasemen Penjaga Keamanan Laut untuk membantu meningkatkan keamanan di Institut Amerika yang baru di fasilitas Taiwan yang akan menampung sekitar 450 staf dan berkedudukan di pinggiran Ibu Kota Taiwan, Taipei.

Sebagai bagian dari "Kebijakan Satu China", Washington tidak secara resmi mengakui pemerintahan sendiri Taiwan sebagai negara merdeka, dan karena itu AS tidak memiliki kedutaan resmi di sana.

Namun, AS mempertahankan kedutaan de facto dalam bentuk American Institute, yang didirikan sebagai bagian dari Undang-Undang Hubungan Taiwan tahun 1979, yang mengatur hubungan Amerika dengan pulau itu sejak AS mengalihkan pengakuannya ke Beijing.

Sementara laporan bahwa Marinir dapat dikirim ke Taiwan menarik peringatan dari Beijing. Namun seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada CNN bahwa permintaan itu ditolak karena masalah kendala sumber daya dan bukan karena menghindari pemerintah China.

Pejabat itu mengatakan bahwa Departemen Luar Negeri belum mengatakan kepada Pentagon sebelumnya bahwa penyelesaian fasilitas baru akan membutuhkan detasemen Penjaga Keamanan Laut, yang berkontribusi terhadap penolakan permintaan tersebut.

Persyaratan keamanan sessional sekarang mungkin dipenuhi oleh kontraktor yang kemungkinan lebih mahal.

Ketegangan antara Beijing dan pemerintahan Trump baru-baru ini meningkat dalam berbagai masalah.

Presiden Donald Trump baru-baru ini menuduh China menekan Korea Utara (Korut) untuk menolak upaya denuklirisasi, dan pemerintahannya telah terlibat dalam negosiasi perdagangan tegang dengan Beijing.

Sementara itu, pemerintahan Trump juga mengisyaratkan adanya peningkatan dukungan untuk Taiwan. Terbaru, AS menarik kembali para diplomat pentingnya dari Republik Dominika, El Salvador, dan Panama untuk konsultasi atas keputusan terbaru negara-negara tersebut karena tidak lagi mengakui Taiwan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4298 seconds (0.1#10.140)