Daftar Negara yang Dilanda Perang saat Ramadan

Senin, 11 Maret 2024 - 14:28 WIB
loading...
Daftar Negara yang Dilanda Perang saat Ramadan
Daftar negara dilanda perang meski Ramadan telah tiba. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Beberapa negara masih dilanda perang meski bulan suci Ramadan telah tiba. Ironisnya, ini juga dialami beberapa negara mayoritas Muslim.

Di beberapa negara, awal Ramadan jatuh pada Senin (11/3/2024). Bulan suci menjadi momen meningkatkan ibadah bagi umat Islam dan momen berbagi dengan sesama.

Namun, perang ataupun konflik tidak memedulikan tempat dan waktu. Bahkan ketika Ramadan tiba, beberapa pihak yang berkonflik tidak menyepakati gencatan senjata.

Daftar Negara yang Dilanda Perang saat Ramadan

1. Israel-Palestina


Israel terlibat perang besar terbaru dengan kelompok perlawanan Palestina; Hamas, di Jalur Gaza, sejak 7 Oktober 2023.

Perang pecah setelah Hamas menyerang Israel selatan, menyebabkan lebih dari 1.200 orang tewas dan ratusan lainnya disandera.

Israel kemudian meluncurkan serangan udara dan perang darat, yang hingga kini menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina.

Israel juga terlibat konflik dengan kelompok Hizbullah Lebanon.

2. Yaman


Perang saudara antara kelompok Houthi dan pasukan pemerintah Yaman yang diakui dunia internasional telah berlangsung selama lebih dari 8 tahun. Tanpa perjanjian damai, perang ini masih berlangsung hingga saat ini meski skalanya relatif kecil .

Saat ini, Houthi juga fokus menyerang kapal Israel, Inggris, dan Amerika Serikat di Laut Merah. Konflik ini merupakan imbas dari perang Israel-Hamas di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)