AS Peringatkan Korut: Tidak Ada Konsesi Tanpa Denuklirisasi

Sabtu, 08 September 2018 - 08:33 WIB
AS Peringatkan Korut: Tidak Ada Konsesi Tanpa Denuklirisasi
AS Peringatkan Korut: Tidak Ada Konsesi Tanpa Denuklirisasi
A A A
WASHINGTON - Korea Utara (Korut) harus "berkedip" terlebih dahulu jika ingin membuat kesepakatan denuklirisasi dengan Amerika Serikat (AS). Hal itu ditegaskan oleh seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS.

Para perunding dari AS dan Korut serta Korsel kembali terlibat dalam pembicaraan, sekali lagi tentang denuklirisasi sejak pertemuan puncak Juni lalu di Singapura antara Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump.

Tetapi meskipun ada harapan besar, berbagai upaya telah dihalangi oleh kurangnya spesifikasi dari Korut serta tuntutan Pyongyang untuk jaminan keamanan dan konsesi lainnya sebelum membongkar persenjataan nuklirnya.

"Kami tidak akan memberikan apa pun sampai Korea Utara melakukan apa yang dikatakannya," kata Andrea Thompson, wakil menteri negara untuk pengawasan senjata dan keamanan internasional.

Ia mengatakan para pejabat di Pyongyang pertama-tama harus melakukan yang terbaik pada kewajiban mereka yang mereka lakukan di Singapura, mengacu pada janji mereka untuk denuklirisasi.

“Apa yang kami ingin tawarkan adalah masa depan semenanjung yang bebas nuklir. Apa yang kami ingin tawarkan adalah mata pencaharian ekonomi Korea Utara yang dapat berinteraksi dengan tetangga global, ”tambahnya.

"Itu tergantung pada apakah Korea Utara akan segera melakukan apa yang mereka katakan akan mereka lakukan," ia mengingatkan seperti dikutip dari VOA, Sabtu (8/9/2018).

Ketika ditanya, apa yang telah menyebabkan para pejabat diplomatik AS percaya bahwa Kim Jong-un pada akhirnya akan melakukan denuklirisasi, Thompson menjawab: "Dia mengatakan dia akan melakukannya."

“Dia mengatakannya pada Menteri. Dan dia mengatakannya kepada presiden, jadi kami akan memegang kata-katanya, ”tambah Thompson.

Komentar Thompson adalah yang terbaru tentang apa yang telah menjadi roller coaster diplomatik, dengan harapan naik dan turun karena pembicaraan yang melibatkan Pyongyang, Washington, dan Seoul membuat kemajuan, hanya untuk mencapai rintangan tambahan.

Harapan terakhir untuk sukses datang pada Kamis lalu, ketika Kim Jong-un mengatakan kepada pejabat Korsel bahwa keyakinannya kepada Trump "tidak berubah" dan menyatakan bersedia melakukan denuklirisasi pada akhir masa jabatan pertama Trump di kantor.

Pada hari Jumat, dalam perjalanan ke North Dakota, Trump menyatakan optimisme lebih lanjut.

"Sebuah surat sedang dikirimkan kepada saya, sebuah surat pribadi dari Kim Jong-un," kata presiden kepada wartawan di Air Force One.

"Saya pikir itu akan menjadi surat positif," imbuhnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4728 seconds (0.1#10.140)