5 Tips Hemat Bukber di Bulan Ramadan, Nomor 3 Paling Penting!

Jum'at, 08 Maret 2024 - 14:25 WIB
loading...
5 Tips Hemat Bukber di Bulan Ramadan, Nomor 3 Paling Penting!
Jika tak pandai-pandai berhemat, kegiatan bukber selama Ramadan bisa meningkatkan pengeluaran. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tak lama lagi, umat Islam di Indonesia akan segera memasuki bulan Ramadan dan menjalankan ibadah puasa. Salah satu kegiatan yang kerap muncul pada momen tersebut adalah buka bersama (bukber).

Terlepas dari tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antarteman atau keluarga, tak bisa dipungkiri bahwa kegiatan bukber ini juga berkontribusi terhadap meningkatnya pengeluaran selama Ramadan. Maka dari itu, Anda bisa menerapkan sejumlah tips hemat bukber guna menghindari dompet boncos. Berikut ini di antaranya.

Tips Hemat Bukber di Bulan Ramadan

1. Tentukan Bujet Pengeluaran Maksimal

Demi menghemat pengeluaran saat bukber, Anda harus menentukan bujet maksimal. Jangan sampai datang ke bukber tanpa mempertimbangkan berapa nominal yang nantinya dihabiskan.

Katakanlah satu acara bukber Rp200 ribu atau Rp300 ribu. Nantinya, Anda harus selektif dalam memilih menu makanan dan menyesuaikannya dengan bujet di atas.



2. Pilih Tempat yang Murah

Inti acara buka bersama yang sebenarnya adalah kebersamaan. Biarpun tempatnya sederhana atau terbilang murah, kebersamaan tetap menjadi yang utama.

Maka dari itu, Anda bisa mencari tempat-tempat bukber murah namun juga nyaman. Nantinya, tempat tersebut bisa direkomendasikan kepada panitia bukber terkait.

3. Tidak Perlu Menghadiri Seluruh Undangan Bukber

Tak hanya keluarga, undangan bukber juga sering datang dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, tempat kerja, dan lainnya. Bukan sekadar makan bersama, terkadang acara tersebut juga menjadi ajang reunian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)