China Murka Kapal Perang Inggris Dekati Kepulauan Paracel di LCS

Kamis, 06 September 2018 - 13:14 WIB
China Murka Kapal Perang Inggris Dekati Kepulauan Paracel di LCS
China Murka Kapal Perang Inggris Dekati Kepulauan Paracel di LCS
A A A
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa sebuah kapal perang Angkatan Laut Inggris memasuki perairan teritorial China di sekitar Kepulauan Paracel di Laut China Selatan (LCS) tanpa izin pada 31 Agustus. Angkatan Laut China pun memperingatkan kapal Inggris untuk pergi.

"Pihak China sangat mendesak pihak Inggris untuk segera menghentikan tindakan provokatif semacam itu," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/9/2018).

HMS Albion, kapal perang amfibi seberat 22 ribu ton yang membawa kontingen Marinir Inggris, berlayar melalui Kepulauan Paracel dalam beberapa hari terakhir. Hal itu diungkapkan oleh dua sumber yang mengetahui hal tersebut.

Terkait hal tersebut, seorang juru bicara untuk Angkatan Laut Inggris mengatakan HMS Albion hanyak menjalankan hak kebebasan navigasi.

"HMS Albion melaksanakan haknya untuk kebebasan navigasi sepenuhnya sesuai dengan hukum dan norma internasional," ujarnya.

Beijing mengklaim lebih dari 80 persen kawasan Laut China Selatan, yang mendatangkan keuntungan sekitar USD3,4 triliun dari lalu lintas kapal perdagangan global setiap tahunnya. Lima negara lain, termasuk Filipina dan Vietnam, juga memiliki klaim di perairan tersebut. Inggris sendiri tidak memiliki klaim teritorial di daerah tersebut.

Sementara Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah melakukan Kebebasan Operasi Navigasi (FONOPs) di wilayah yang sama di masa lalu, tantangan Inggris atas kontrol Cina di perairan strategis ini muncul setelah AS mengatakan ingin melihat partisipasi internasional dalam tindakan seperti itu.

Baik Inggris dan AS mengatakan mereka melakukan operasi FONOP di seluruh dunia, termasuk di wilayah yang diklaim oleh sekutunya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3818 seconds (0.1#10.140)