3 Alasan Shin Tae-yong Optimistis Bawa Timnas Indonesia Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 06 Maret 2024 - 17:16 WIB
loading...
3 Alasan Shin Tae-yong Optimistis Bawa Timnas Indonesia Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Alasan Shin Tae-yong optimistis bawa timnas Indonesia lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dibahas di artikel ini / Foto: PSSI
A A A
Alasan Shin Tae-yong optimistis bawa timnas Indonesia lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dibahas di artikel ini. Salah satunya karena dukungan militan dari para penggemar timnas.

Perjuangan Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia akan kembali berlanjut di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Terdekat, skuad Garuda bakal berjumpa dengan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Laga ketiga dari timnas Indonesia di Grup F ini terbilang sangat penting. Pasalnya, saat ini Asnawi dkk baru mengoleksi 1 poin dari dua pertandingan awal kontra Irak (kalah) dan Filipina (Imbang).



Kendati begitu, peluang timnas Indonesia untuk lolos menuju babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia masih terbuka. Berikut ini sejumlah alasan yang membuat STY seharunya optimis dapat membawa skuad Garuda lolos ke fase berikutnya.

Alasan Shin Tae-yong Optimis Bawa Indonesia Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

1. Sudah Mengenal Kekuatan Lawan

Sedikit mengingatkan, timnas Indonesia berada dalam Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad asuhan STY berada satu grup dengan Irak, Filipina, dan Vietnam.

Meski meraih hasil kurang optimal pada dua laga awal, timnas Indonesia kini punya bekal lebih untuk menghadapi lawan-lawannya. Sebagaimana diketahui, skuad Garuda sempat berjumpa dengan Irak dan Vietnam di ajang Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu.

Pada pertandingan kontra Irak, Indonesia waktu itu memang kalah. Namun, setidaknya mereka sudah memahami cara bermain dan taktik yang dibawakan Irak. Hal ini nantinya bisa dimanfaatkan STY untuk meracik strategi jitu dalam usahanya melumpuhkan dominasi Irak di Grup F.

Sedangkan untuk Vietnam, timnas Indonesia meraih hasil positif pada laga terakhirnya kontra The Golden Stars. Dengan tambahan atau variasi strategi yang nanti dibawakan STY, rasanya skuad Garuda bisa mengalahkan Vietnam, baik di kandang maupun tandang.

Sementara Filipina, tidak ada kata lain selain memenangkan pertandingan. Setelah sempat kecolongan di Manila, para penggawa Garuda seharusnya bisa belajar dari pengalaman dan meraih hasil optimal.

2. Punya Amunisi Tambahan

Pada lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, timnas Indonesia berpeluang diperkuat sejumlah nama baru dari pemain naturalisasi. Di antaranya seperti Thom Haye hingga Ragnar Oratmangoen.

Jika proses naturalisasi para pemain tersebut segera terselesaikan, efeknya akan sangat positif bagi timnas Indonesia. Nantinya, mereka bisa langsung tampil dan membantu skuad Garuda meraih poin-poin krusial dalam usahanya lolos ke putaran ketiga.

Selain penggawa naturalisasi, bisa saja Shin Tae-yong nantinya memanggil nama-nama baru pemain lokal yang dirasa berpotensi. Patut ditunggu pengumuman resminya dalam beberapa waktu ke depan.

3. Dukungan Militan Penggemar Timnas

Kekuatan lain yang akan membuat mental dan semangat para pemain timnas Indonesia berkobar adalah keberadaan suporter. Sebagaimana diketahui, penggemar timnas Indonesia memang terbilang cukup fanatik.

Tak hanya mendukung pada laga-laga kandang, tak sedikit dari mereka yang rela pergi jauh demi menyaksikan timnas Indonesia berlaga di tempat lawan. Dukungan dan doa para suporter ini akan membuat para pemain terpacu moral dan semangatnya, sehingga bisa menampilkan performa terbaik.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah alasan Shin Tae-yong optimis bawa timnas Indonesia lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5116 seconds (0.1#10.140)