Banyak Lansia Jadi Korban Keganasan Corona, PM Australia Minta Maaf

loading...
Banyak Lansia Jadi Korban Keganasan Corona, PM Australia Minta Maaf
PM Australia Scott Morrison. Foto/The New Daily
A+ A-
CANBERRA - Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan dia "sangat menyesal" atas kegagalan di sektor perawatan lansia selama krisis virus Corona. Meski begitu, ia tetap memuji respon pemerintah secara keseluruhan.

Itu terjadi di tengah ketegangan yang sedang berlangsung antara Departemen Kesehatan dan Komisi Kerajaan tentang Kualitas dan Keamanan Perawatan Lansia, yang menilai bahwa kematian di panti jompo selama pandemi sejatinya dapat dicegah.

Beberapa pernyataan yang dibuat kepada komisi tersebut telah diperdebatkan dengan hangat oleh para pejabat kesehatan senior, tetapi Morrison mengatakan dia mengakui bahwa pada "beberapa hari" pandemi mendapat respon yang lebih baik dari Pemerintah. (Baca: WHO Remehkan Bahaya Virus Corona Menempel Kemasan Makanan)

"Pada hari-hari ketika sistem gagal, pada hari-hari ketika harapan tidak terpenuhi, saya sangat menyesal tentang itu, tentu saja," katanya.



"Saya tahu bahwa setiap orang yang terlibat dalam proses itu, yang berusaha untuk memenuhi harapan tersebut juga menyesal," imbuhnya.

"Pada hari-hari di mana tenaga kerja benar-benar dilucuti dari fasilitas dan tidak ada orang di sana, dan Anda berebut tenaga kerja untuk mendapatkan mereka di tempatnya, dan Anda mendapatkan petugas ADF yang pergi ke sana pada pukul 11.00 malam untuk mencoba membersihkan kekaucauan, itu tidak cukup baik," ujarnya seperti dilansir dari ABC, Jumat (14/8/2020).

Morrison juga membantah pernyataan yang mengatakan bahwa tidak ada rencana khusus untuk sektor perawatan lansia dalam menangani Covid-19.



"Pemerintah telah memberikan tanggapannya atas pernyataan tersebut dan Pemerintah sangat yakin bahwa rencana tersebut sudah ada," tegasnya.

"Sudah ada rencana dan sudah diperbarui, jadi kami sepenuhnya menolak pernyataan bahwa tidak ada rencana," tukasnya.

Menurut data situs pemantau online, Worldometers.info, Australia memiliki jumlah kasus virus Corona sebanyak 22.741 dengan jumlah kematian mencapai 375 dan 13.001 dinyatakan sembuh.
(ber)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top