Penulis-Penulis Terbaik Sepanjang Masa

Senin, 27 Agustus 2018 - 13:39 WIB
Penulis-Penulis Terbaik Sepanjang Masa
Penulis-Penulis Terbaik Sepanjang Masa
A A A
Penulis merupakan ujung tombak peradaban manusia. Untuk menjadi penulis, seseorang harus mempunyai keberanian tinggi menuangkan buah pikirannya ke dalam bentuk tulisan agar dapat dibaca oleh orang lain. Penulis juga harus mempunyai keberanian mempertanggungjawabkan hasil tulisannya kepada para pembacanya. Berikut sejumlah penulis hebat sepanjang masa.

William Shakespeare
William Shakespeare lahir pada 26 April 1564 di Inggris. Shakespeare dianggap sebagai penulis terbaik di dunia berbahasa Inggris dan sering disebut sebagai Penyair Nasional Inggris. Tidak diketahui secara pasti berapa banyak drama yang ditulis namun diperkirakan ada 38 drama berbeda dan sepuluh drama terbesar. Shakespeare meninggal pada 23 April 1616.

Fydor Dostoevsky
Penulis satu ini berasal dari Rusia. Fyodor Mikhailovich Dostoyevsky lahir pada 11 November 1821. Fyodor biasa menulis novel, cerpen dan esai. Karya Dostoevsky umumnya berbicara tentang psikologi manusia dan masyarakat politik dan sosial bermasalah di Rusia. Karya-karyanya paling menonjol antara lain Catatan dari Bawah Tanah, Kejahatan dan Hukuman, Idiot, Demons dan The Brothers dan Karamzov.

Ernest Hemingway
Ernest Miller Hemmingway lahir pada 21 Juli 1899 dan merupakan seorang penulis dan jurnalis Amerika Serikat. Ia memiliki pengaruh kuat pada fiksi abad ke 20. Hemingway memenangkan Hadiah Nobel dalam Sastra pada 1954. Dan telah menerbitkan sekitar tujuh novel, enam cerita pendek dan dua karya non-fiksi. Dirinya meninggal pada 2 Juli 1961.

Homer
Filsuf Yunani ini terkenal dengan 2 puisi epiknya, yakni Lliad dan Odyssey. Meski keberadaannya masih menjadi perdebatan hingga saat ini, namun kedua karyanya tersebut dianggap memiliki pengaruh besar dalam perkembangan dunia sastra dunia. Bahkan penulis sekaliber Shakespeare mendasarkan salah satu karyanya dari kisah Lliad.

Victor Hugo
Merupakan seorang penulis asal Prancis beraliran romantisme yang lahir pada 26 Februari 1802 dan dianggap salah satu penulis terbesar di negeri menara Eiffel tersebut. Les Miserables dan Notre Dame de Paris merupakan dua karya terbesarnya. Sedangkan puisi-puisinya paling terkenal adalah Les Contemplations dan La Légende des siècles.

Charles Dickens
Charles John Huffan Dickens lahir pada 7 Februari 1812. Charles adalah seorang penulis dan kritikus sosial. Karya yang membuatnya terkenal adalah The Pickwick Papers, Oliver Twist, A Christmas Carol, David Copperfield, Bleak House, Hard Times, Kisah Dua Kota dan Harapan Agung. Ia pun mulai terkenal pada 1836 saat dia menulis The Pickwick Papers.

Leo Tolstoy

Tolstoy dikenal sebagai penulis novel berisikan tentang pesan moral dan arti dari kehidupan. Tolstoy lahir di Rusia. Ada 2 novelnya yang dikenal sebagai novel terbaik yakni War and Peace yang dibuat pada 1869 dan Anna Karenina pada 1877.

George Orwell
George Orwell adalah novelis, esais, dan kritikus yang terkenal karena novel-novelnya. Dua di antaranya yang paling terkenal adalah Animal Farm dan Nineteen Eighty-Four. Dia adalah seorang yang memiliki pendapat kuat yang membahas beberapa gerakan politik utama di zamannya, termasuk imperialisme, fasisme, dan komunisme. Nama asli George Orwell adalah Eric Arthur Blair yang lahir pada 25 Juni 1903. Ia meninggal pada 21 Januari 1950 .

J.R.R. Tolkien

Pecinta film Hobbits dan Lord of The Rings tentunya kenal siapa pria ini. Dia adalah John Ronald Reuel Tolkien, penulis novel The Hobbits dan The Lord of The Rings. J.R.R. Tolkien adalah salah salah satu dari penulis novel terkenal dari Inggris. Dirinya dikenal dengan novel-novelnya bergenre klasik-fantasi. Tidak hanya dikenal sebagai seorang novelist, Tolkien juga merupakan ahli bahasa, profesor dan juga seorang penulis puisi.

Mark Twain
Merupakan seorang penulis, pengusaha, penerbit, dan dosen asal Amerika Serikat (AS). Mark Twain hanyalah sebuah nama pena dari buku-buku yang ditulisnya. Ia memiliki nama asli Samuel Langhorne Clemens. Mark Twain terkenal berkat karya-karya terbaiknya seperti The Adventures of Tom Sawyer (1876) dan Adventures of Huckleberry Finn (1885). Adventures of Huckleberry Finn yang diterbitkan pada 1885 banyak memukau pembacanya, oleh sebab itu, novel ini sering dijuluki The Great American Novel.

Edgar Allan Poe

Edgar Allan Poe, seorang penulis Amerika paling produktif pada eranya yang dilahirkan di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada 19 Januari 1809. Selain sebagai penulis, Poe juga dikenal sebagai penyair, editor, dan kritikus seni yang sering dikaitkan dengan gerakan Romantisme di Amerika Serikat. Poe hadir dengan imajinasi dan khayalannya yang gila terhadap cerita-cerita horror gore, gothic dan misterius. Sejumlah tulisannya antara lain “The Tell Tale Heart”, “The Mosque of the Red Death,” atau “The Pit and the Pendulum”. Poe telah menulis kurang lebih 65 cerita pendek atas namanya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3363 seconds (0.1#10.140)