Rachel Shapiro: Kisah Aktivis Solidaritas Yahudi Pro-Palestina

Minggu, 03 Maret 2024 - 19:15 WIB
loading...
Rachel Shapiro: Kisah Aktivis Solidaritas Yahudi Pro-Palestina
Pengunjuk rasa tandingan memegang tanda pro-Israel selama demonstrasi pro-Palestina, di Berlin, Jerman, 2 Desember 2023. Foto: AL Jazeera
A A A
"Saya seorang aktivis solidaritas Yahudi pro-Palestina yang berasal dari wilayah New York dan sekarang tinggal di Berlin," ucap Rachel Shapiro, Aktivis Yahudi anti- Zionis yang berbasis di Berlin.

Keturunan penyintas Holocaust yang aktif dalam gerakan pembebasan Palestina dan kelompok Sozialismus von unten (“Sosialisme dari bawah”) di Jerman ini menyampaikan uneg-unegnya dalam artikel berjudul "German memory culture, anti-Semitic Zionists and Palestinian liberation" yang dilansir Al Jazeera pada 1 Maret 2024.



Berikut tulisan Rachel Shapiro selengkapnya:

Nenek saya adalah seorang penyintas Holocaust dari Cologne yang melarikan diri ke Amerika Serikat selama Perang Dunia Kedua pada usia 16 tahun. Orang tuanya dan sebagian besar keluarganya dibunuh selama Holocaust.

Saya “kembali” ke Jerman sekitar lima tahun yang lalu, sebuah keputusan yang sebagian besar lahir dari keinginan untuk penyembuhan antargenerasi bagi saya dan nenek saya, yang masih hidup pada saat itu.

Saya belajar bahasa Jerman dan bisa berbicara dengannya dalam bahasa ibunya dalam beberapa tahun terakhir hidupnya.

Saya menceritakan kepadanya kisah-kisah tentang tinggal di Jerman, dia bertemu dengan beberapa teman saya dan dia bersyukur atas cara-cara negara dan masyarakatnya berevolusi dan menebus sejarah buruk mereka.

Saya senang dia meninggal sebelum saya sempat menyadari betapa naif dan khayalan idealisnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketika saya mendidik diri saya sendiri, menjadi aktif dalam gerakan pembebasan Palestina dan melepaskan diri dari pengkondisian ekstrim Zionis dan cuci otak yang tertanam dalam struktur pendidikan saya, saya mengapresiasi “Erinnerungskultur” Jerman (“budaya ingatan”). telah beralih ke kesadaran bahwa seluruh konsep tersebut murni, kosong, dan merupakan propaganda ucapan selamat kepada diri sendiri.



Hal ini didasarkan pada penghapusan sikap anti-Semitisme yang rasis dan disengaja serta tanggung jawab atas Holocaust dari pihak Jerman yang meneruskannya kepada negara-negara Arab, Muslim, dan, yang terpenting, orang-orang Palestina, yang kini mereka anggap jahat dan dijadikan kambing hitam sebagai pembelokan dan gangguan.

Sebuah film dokumenter dari tahun 1985, Ma’loul Celebrates Its Destruction, menceritakan kehancuran seluruh desa selama Nakba tahun 1948.

Di dalamnya, seorang pewawancara berkata kepada seorang pria Palestina yang menjadi pengungsi: “Tetapi mereka membunuh enam juta orang Yahudi.”

Tanggapannya yang benar adalah, “Apakah saya membunuh mereka? Mereka yang membunuh mereka harus bertanggung jawab. Aku tidak menyakiti seekor lalat pun.”

Fakta bahwa kebenaran mendasar ini telah terkubur begitu dalam, dalam bahasa “kompleksitas” dan “konflik” merupakan bukti komitmen dan luasnya narasi imperialis yang disebarluaskan oleh Israel, Amerika Serikat dan Jerman (dan Barat pada umumnya).

Sementara itu, lebih dari 90 persen insiden anti-Semit di Jerman disebabkan oleh kelompok sayap kanan meskipun ada upaya merajalela di media untuk mengabaikan statistik, memutarbalikkan realitas kekerasan dan rasisme yang ditujukan kepada warga Palestina, dan menyamarkan sikap apatis terhadap hal tersebut. -disebut “melawan anti-Semitisme”.



Walaupun sebagian besar insiden anti-Semitisme tidak dihukum, kita yang bersolidaritas dengan Palestina terbiasa dengan kekerasan brutal yang direstui negara, penindasan dan pengawasan dari polisi dan pemerintah Jerman sebagai respons terhadap protes damai dan boikot.

Hal ini semakin meningkat sejak genosida di Gaza dimulai pada bulan Oktober, yang sering kali berkedok tuduhan anti-Semitisme dan “Judenhass” (“kebencian terhadap Yahudi”).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5969 seconds (0.1#10.140)