Bagaimana Risiko Perang Nuklir Rusia Melawan NATO?

Sabtu, 02 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
Bagaimana Risiko Perang Nuklir Rusia Melawan NATO?
Rusia menegaskan perang nuklir bukan hanya ancaman. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengancam akan menggunakan senjata nuklir jika negara-negara Barat mengirim tentara dalam jarak yang dekat dengan Rusia .

Komentarnya pada hari Kamis, dalam pidato kenegaraan, adalah pernyataan yang biasa diucapkan oleh Dmitry Medvedev, sekutu Putin yang menjabat sebagai presiden Rusia dari tahun 2008-2012 dan perdana menteri hingga menjadi pejabat tinggi keamanan pada tahun 2020.

Sepanjang konflik di Ukraina, Medvedev telah memperingatkan tindakan nuklir dan menulis banyak postingan di media sosial yang menghujani para pemimpin dan negara-negara Barat dengan hinaan dan ancaman.

“Medvedev biasa menulis postingan tentang para penunggang kiamat dengan gaya [pembuat film AS Quentin] Tarantino, dan Putin membawa ancamannya kembali ke batas kewarasan,” ungkap pakar militer Aleksey Kushch yang berbasis di Kyiv mengatakan kepada Al Jazeera.

Putin kini meningkatkan taruhannya, menanggapi asumsi Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Senin bahwa pengerahan pasukan Eropa ke Ukraina tidak dapat “dikesampingkan”.

Putin mengeluarkan ancamannya dalam pidato nasional tahunannya – sebuah upacara yang dirancang dengan cermat dan disiarkan secara langsung untuk kemudian dipotong menjadi kutipan-kutipan yang mungkin akan diulangi dan dikomentari oleh media Rusia selama berhari-hari.

Barat telah “mengumumkan kemungkinan pengiriman kontingen militer Barat ke Ukraina,” kata Putin pada hari Kamis. “Konsekuensinya terhadap intervensionis akan jauh lebih tragis.

“Mereka pada akhirnya harus menyadari bahwa kami juga memiliki senjata yang dapat mengenai sasaran di wilayah mereka. Segala sesuatu yang dilakukan Barat menciptakan ancaman nyata berupa konflik penggunaan senjata nuklir, dan dengan demikian menghancurkan peradaban,” katanya.

Moskow memiliki persenjataan nuklir terbesar di dunia termasuk rudal hipersonik generasi baru dan senjata nuklir taktis yang beberapa kali lebih banyak dibandingkan negara-negara Barat.

“Sekarang Putin-lah yang dengan jelas menarik garis merah mengenai penggunaan nuklir,” kata Kushch, seraya menambahkan bahwa Macron telah menyelidiki reaksi Putin mengenai kapan Moskow akan siap meluncurkan nuklir.

Bagaimana Risiko Perang Nuklir Rusia Melawan NATO?

1. Ancaman Putin Bukan Hal Baru

Bagaimana Risiko Perang Nuklir Rusia Melawan NATO?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)