Deco Siap Ubah Keputusan Xavi Hernandez Jika Barcelona Juara Liga Champions 2023/2024

Jum'at, 01 Maret 2024 - 23:59 WIB
loading...
Deco Siap Ubah Keputusan Xavi Hernandez Jika Barcelona Juara Liga Champions 2023/2024
Direktur Olahraga Barcelona, Deco, tak ingin Xavi Hernandez pergi meninggalkan Barcelona / Foto: Marca
A A A
Direktur Olahraga Barcelona , Deco, tak ingin Xavi Hernandez pergi meninggalkan Barcelona. Pasalnya, dia masih percaya dengan pelatih karena klubnya sedang menjalankan proyek jangka panjang sehingga tak memerlukan hasil instan.

Pada akhir Januari lalu, setelah timnya tumbang 3-5 dari Villarreal di Camp Nou, Xavi mengumumkan bahwa dia akan mundur sebagai pelatih Barcelona pada akhir musim nanti. Akan tetapi, performa Robert Lewandowski dan kolega justru meningkat setelah itu.

Barcelona tak pernah kalah sejak Xavi mengumumkan pengunduran dirinya. Mereka meraih empat kemenangan dan seri dua kali dari enam pertandingan di semua kompetisi. Alhasil, muncul dugaan bahwa entrenador asal Spanyol itu bakal membatalkan keputusannya.



Akan tetapi, Xavi menegaskan setelah Barcelona menang 4-0 atas Getafe pada akhir pekan lalu bahwa dirinya tetap pada keputusan awalnya untuk pergi. Dia mengatakan bahwa itu adalah keputusan yang tepat.

Namun, Deco mengungkapkan bahwa dirinya dan juga Presiden Barcelona, Joan Laporta, ingin Xavi tetap bertahan di klub raksasa Catalan itu karena mereka percaya dengan proyek jangka panjang. Bahkan, mantan bintang Timnas Portugal itu membuka peluang untuk memintanya tetap bertahan jika mampu menjuarai Liga Champions musim ini.

"Saya tidak ingin Xavi pergi, kami membarui kontraknya karena kami percaya pada proyek jangka panjang. Tapi dia telah mengatakan hal-hal pribadi dan dia punya alasannya sendiri. Saya memiliki pendapat yang sama dengan presiden, saya ingin Xavi tetap tinggal,” kata Deco dilansir dari Sportmole, Kamis (29/2/2024).



"Keputusan Xavi ada di tangannya, dan jika dia berubah, itu harus datang darinya. Jika kami memenangkan Liga Champions, kami tidak menutup kemungkinan untuk berbicara dengannya, kami akan mempertimbangkannya," tambahnya.

Barcelona sendiri saat ini masih berada di urutan ketiga klasemen sementara Liga Spanyol 2023/2024 dengan selisih delapan poin di belakang sang pemuncak klasemen, Real Madrid. Mereka juga punya peluang lolos ke perempat final Liga Champions 2023/2024 usai menahan imbang Napoli 1-1 di leg pertama.

Deco membeberkan bahwa sampai saat ini Barcelona belum mencari pengganti Xavi. Dia benar-benar masih percaya dengan mantan rekan setimnya itu sebagai sosok yang tepat untuk membimbing para pemain muda Blaugrana.

"Kami belum membicarakan profil pelatih baru, karena kami belum mencarinya. Musim belum berakhir. Kami harus berusaha memenangkan gelar tetapi juga membangun tim. Tim ini masih punya siklus, banyak pemain muda," jelas Deco.

Laporta sendiri kabarnya telah melalukan pendekatan informal kepada Xavi dengan harapan dapat meyakinkannya untuk menyelesaikan kontraknya yang berakhir pada 2025 mendatang. Pasalnya, pihak klub disebut kesulitan untuk mencari pengganti yang tepat sehingga dia diminta untuk tetap menjabat sebagai pelatih Barcelona setidaknya satu musim lagi.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)