alexametrics

Keceriaan Masyarakat Indonesia di Korut Rayakan HUT RI ke-73

loading...
Keceriaan Masyarakat Indonesia di Korut Rayakan HUT RI ke-73
Upacara Bendera 17 Agustus 2018 di KBRI Pyongyang dipimpin oleh Duta Besar untuk Korea Utara. Foto/KBRI Pyongyang
A+ A-
PYONGYANG - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Pyongyang, Korea Utara (Korut), menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 di halaman depan Wisma Duta, Jumat (17/8/2018). Upacara yang dihadiri oleh 38 warga Indonesia, termasuk anak-anak, berlangsung tertib dan khidmat.

Udara segar mengiringi proses upacara yang berjalan khidmat tersebut. Kondisi ini menjadi berkah tersendiri bagi warga masyarakat Indonesia di Korut. Pasalnya, udara panas cukup ekstrem akibat gelombang panas tengah melanda kawasan Semenanjung Korea dalam beberapa minggu terakhir.

Menurut Sekretaris III KBRI Pyongyang, Hanna Andari, rasa bangga dan haru dirasakan oleh seluruh peserta upacara kala Sang Merah Putih dikibarkan oleh 3 anggota paskibra diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama oleh seluruh peserta upacara.

Beberapa di antara mereka baru pertama kali ini mengikuti upacara 17 Agustus di luar negeri.



Selaku pembina upacara, Duta Besar RI untuk Korut, Bambang Hiendrasto, dalam amanatnya mengajak para peserta upacara untuk senantiasa memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu, pahlawan, dan pemimpin bangsa yang telah berjuang dengan gigih dan tanpa pamrih, bahkan mengorbankan jiwa dan raganya, demi berdiri dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"73 tahun lalu Bung Karno dan Bung Hatta mengumandangkan proklamasi kemerdekaan Indonesia dan karenanya telah mengubah nasib dan perjalanan hidup bangsa Indonesia menjadi lebih baik," katanya dalam rilis yang diterima Sindonews, Minggu (19/8/2018).

Ditambahkannya, selama 73 tahun Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh, tahan banting, dan ingin terus berprestasi meraih kemenangan dan kemajuan.

Dalam kaitan itu, Dubes Bambang mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Korut untuk mendoakan agar penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Jakarta dan Palembang berlangsung sukses dan kontingen Indonesia berhasil mengukir prestasi yang membanggakan.

Pada kesempatan ini Dubes Bambang menyampaikan terima kasih kepada seluruh pejabat dan staf serta segenap keluarga besar KBRI atas kerja, bantuan dan kerja sama yang diberikan dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanakan tugas KBRI Pyongyang.

Selain itu, Dubes Bambang mengingatkan seluruh warga masyarakat Indonesia di Korut untuk terus memelihara kebersamaan dan kekompakan, menjaga nama baik bangsa dan negara, serta mematuhi peraturan dan kebiasaan yang berlaku di negeri ini.

Usai upacara, dilanjutkan dengan foto bersama sambil mendengarkan lagu-lagu mars/perjuangan.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama di Ruang Pancasila KBRI Pyongyang, yang diawali dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Dubes RI.
halaman ke-1 dari 4
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak