Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 114: Jawaban Nabi Muhammad Ketika Dilarang Beribadah di Area Kakbah

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:29 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 114: Jawaban Nabi Muhammad Ketika Dilarang Beribadah di Area Kakbah
asbabun nuzul Surat Al Baqarah ayat 114 adalah ketika orang-orang Quraisy pernah melarang Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat di Kakbah dalam Masjidilharam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Asbabun nuzul Surat Al-Baqarah ayat 14 menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Dengan mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau sejarah turunnya ayat tersebut.

Surat Al-Baqarah merupakan surat ke-2 dalam kitab suci Al-Quran. Memiliki arti ‘Sapi Betina’, surat ini berjumlah sebanyak 286 ayat.

Berkaitan dengan penamaannya, surat ini dinamai Al-Baqarah (Sapi betina) karena di dalamnya terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67 sampai dengan 74). Selain itu, surat ini juga biasa disebut Fusthaatul-Quran (puncak Al Quran) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat yang lain serta surat alif-laam-miim karena dimulai dengan bacaan “Alif-laam-miim”.

Pada pembahasan kali ini, akan diulas sebab diturunkannya (asbabun nuzul) Surat Al-Baqarah ayat 114. Sebagaimana diterangkan Imam As-Suyuthi dalam buku “Asbabun Nuzul Sebab-sebab Turunnya Ayat Alquran”, berikut ulasannya.

Asbabun Nuzul Surat Al-Baqarah Ayat 114

وَمَنۡ اَظۡلَمُ مِمَّنۡ مَّنَعَ مَسٰجِدَ اللّٰهِ اَنۡ يُّذۡكَرَ فِيۡهَا اسۡمُهٗ وَسَعٰـى فِىۡ خَرَابِهَا ‌ؕ اُولٰٓٮِٕكَ مَا كَانَ لَهُمۡ اَنۡ يَّدۡخُلُوۡهَآ اِلَّا خَآٮِٕفِيۡنَ ؕ لَهُمۡ فِى الدُّنۡيَا خِزۡىٌ وَّلَهُمۡ فِى الۡاٰخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيۡمٌ


“Wa man azlamu mimmam-mana'a masaajidal laahi ai-yuzkara fiihas muhuu wa sa'aa fii kharaabihaaa; ulaaa'ika maa kaana lahum ai yadkhuluuhaaa illaa khaaa''fiin; lahum fiddunyaa khizyunw wa lahum fil aakhirati 'azaabun 'aziim”

Artinya: “Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang melarang di dalam masjid-masjid Allah untuk menyebut nama-Nya, dan berusaha merobohkannya? Mereka itu tidak pantas memasukinya kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka mendapat kehinaan di dunia dan di akhirat mendapat azab yang berat.

Sebab turunnya ayat:

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari jaur Sa'id atau Ikrimah dari Ibnu Abbas berkata bahwa orang-orang Quraisy pernah melarang Nabi Muhammad SAW melaksanakan salat di Kakbah dalam Masjidilharam. Setelahnya, Allah SWT menurunkan firman-Nya "Dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang-halangi menyebut nama Allah di dalam masjid-masjidnya..."

Kemudian, diriwayatkan juga oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Zaid berkata "Ayat ini turun pada orang-orang musyrik ketika melarang dan menghalangi Nabi Saw untuk masuk ke kota Makkah ketika hari Al-Hudaibiyah".

Demikianlah ulasan mengenai asbabun nuzul surat Al-Baqarah ayat 114 yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam.
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)