Fakta-fakta Honda e:N1 yang Mungkin Bakal Dibawa ke Indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:56 WIB
loading...
Fakta-fakta Honda e:N1 yang Mungkin Bakal Dibawa ke Indonesia
Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy bersama Honda e:N1 di Jepang. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Honda HR-V listrik alias e:N1 sudah diproduksi di Thailand, dan mungkin bakal dibawa ke Indonesia. Kalau jadi, mobil tersebut akan mengisi pasar SUV listrik dan bersaing langsung dengan BYD Atto 3 serta Chery Omoda E5.

PT Honda Prospect Motor (HPM) memang masih bungkam soal wacana untuk memboyong Honda e:N1 ke pasar Indonesia. Saat ini, mereka hanya memiliki dua model hybrid, yakni Accord 2.0L RS e:HEV dan Honda CR-V 2.0 e:HEV. Masing-masing dibanderol Rp959 juta dan Rp814 juta.

Nah, akan menjadi menarik ketika nanti Honda e:N1 jadi diboyong ke Indonesia. Seberapa kompetitif mobil ini dibandingkan dengan lawan-lawannya? SINDONews sendiri sudah pernah mencoba mobil ini di Jepang pada akhir 2023 silam. Berikut beberapa fakta dan kesimpulannya:

1. Diproduksi di Thailand

Honda e:N1 sudah diproduksi di Thailand, jadi akan lebih mudah bagi PT Honda Prospect Motor untuk membawa mobil listrik tersebut ke Indonesia. Sama seperti Accord 2.0L RS e:HEV dan Honda CR-V 2.0 e:HEV.

2.Mobil Full Listrik Pertama Honda di Thailand

e:N1 menjadi model full listrik pertama Honda yang diproduksi dan dijual di Thailand, bahkan Asia Tenggara.

3.e:Architecture F

Honda e:N1 menggunakan bodi HR-V, namun patformnya sudah dimodifikasi dengan nama e:Architecture F. e:Architecture F membuat mobil jadi lebih rigid, memiliki center of grafity rendah, menggunakan power drive unit 3 in 1, ada baja high tensile, posisi baterai rata, serta yang paling dijaga adalah untuk mempertahankan fun to drive.

5.Tampilan Tetap Elegan

Soal tampilan dan style, Honda masternya. Honda e:N1 terlihat sangat keren dan dijamin membuat penggemar Honda tergila-gila.

6. Performa
Fakta-fakta Honda e:N1 yang Mungkin Bakal Dibawa ke Indonesia

Tapi, bagaimana dengan performanya? e:N1 memakai penggerak roda depan, memiliki 204 daya kuda serta torsi 310 Nm. Akselerasi 0-100 diraih dalam 7,6 detik. Adapun kecepatan maksimalnya adalah 160 km/jam. Mobil ini juga sangat responsif, tenaganya cukup besar, bodi terasa rigid sehingga tangkas bermanuver.

e:N1 menggunakan baterai 68.8 kWh dengan bahan lithium ion seperti Hyundai Ioniq 5, bukan baterai LFP seperti yang dipakai Hyundai. Mobil tersebut dipasarkan dalam 2 varian, dengan jarak maksimal 420 km dan 510 km. Baterainya juga sudah mendukung DC fast charging. Untuk ngecas dari 10% ke 80% hanya dilakukan dalam 45 menit, sementara posisi charger ada di bagian depan.

7.Logo Warna Biru

Keunikan Honda e:N1 yang membedakan dengan mobil ICE dan hybird adalah logonya. Honda e:N1 mengusung emblem Honda baru, yang sangat berbeda dengan emblem merah milik Honda Type R maupun emblem biru untuk model hybrid.


8.Unsur Kemewahan
Fakta-fakta Honda e:N1 yang Mungkin Bakal Dibawa ke Indonesia

Unsur kemewahan di Honda e:N1 cukup terasa. Dashboard-nya, memang mirip sekali dengan HR-V. Tapi, ada sejumlah perbedaan. Misalnya, ada layar 15,1 inci portrait seperti Tesla dengan tampilan user interface yangsangatkeren.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2481 seconds (0.1#10.140)