Taliban Serang Pos Militer Afghanistan, Puluhan Tewas

Rabu, 15 Agustus 2018 - 21:10 WIB
Taliban Serang Pos Militer Afghanistan, Puluhan Tewas
Taliban Serang Pos Militer Afghanistan, Puluhan Tewas
A A A
KABUL - Serangan Taliban terhadap satu pos terdepan militer di provinsi Baghlan, Afghanistan utara, menewaskan setidaknya 44 orang polisi dan juga tentara Afghanistan yang ditempatkan di wilayah itu.

Serangan itu terjadi ketika pusat kota Ghazni berjuang untuk memulihkan diri dari lima hari pertempuran sengit, menggarisbawahi betapa keras para pemberontak telah menekan pasukan keamanan lokal.

Pejabat setempat, seperti dilansir Reuters pada Rabu (15/8), mengatakan sembilan polisi dan 35 tentara tewas dalam serangan terbaru dari serangkaian serangan yang telah dilancarkan Taliban di wilayah Baghlan.

Seorang juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid, mengatakan mereka menargetkan pangkalan militer dan dua pos pemeriksaan di Baghlan, menewaskan 70 pasukan keamanan Afghanistan, dan menyita kendaraan lapis baja dan amunisi.

Sementara itu, misi bantuan PBB di Afghanistan menyerukan agar pertempuran dihentikan, mengatakan hingga 150 warga sipil diperkirakan tewas di Ghazni dan puluhan lainnya menderita luka-luka.

"Penderitaan ekstrem yang disebabkan oleh pertempuran di Ghazni menyoroti kebutuhan mendesak akan perang di Afghanistan untuk berakhir," kata pejabat tinggi PBB di Afghanistan, Tadamichi Yamamoto, dalam sebuah pernyataan.

Serangan Ghazni, salah satu serangan Taliban yang paling dahsyat yang dilakukan kelompok itu, telah meninggalkan pertanyaan atas harapan untuk pembicaraan damai yang dibangkitkan oleh gencatan senjata yang belum pernah terjadi saat perayaan Idul Fitri dan pertemuan bulan lalu antara para pejabat Taliban dan seorang diplomat senior Amerika Serikat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4472 seconds (0.1#10.140)