alexametrics

Iran dan 4 Eks Soviet Sepakati Status Laut Kaspia

loading...
Iran dan 4 Eks Soviet Sepakati Status Laut Kaspia
Iran dan empat negara bekas Uni Soviet, termasuk Rusia, menyepakati status laut Kaspia dan bagaimana membagi sumber daya minyak dan gas bumi yang sangat besar di wilayah itu. Foto/Istimewa
A+ A-
AKTAU - Iran dan empat negara bekas Uni Soviet, termasuk Rusia, menyepakati status laut Kaspia dan bagaimana membagi sumber daya minyak dan gas bumi yang sangat besar di wilayah itu. Kesepakatan itu dicapai saat terjadi pertemuan antara pemimpin kelima negara tersebut.

Namun, dalam pertemuan yang berlangsung di Kazakstan tersebut, kelima negara itu belum mencapai kata sepakat mengenai batas dasar laut di wilayah tersebut, dengan mencatat bahwa diperlukan pertemuan lainnya untuk membahas hal ini.

"Penentuan batas dasar laut, yang telah menyebabkan banyak perselisihan, akan membutuhkan perjanjian tambahan antara negara-negara pesisir," kata Presiden Iran, Hassan Rouhani, seperti dilansir Reuters pada Minggu (12/8).

Selama hampir tiga dekade, lima negara pesisir yakni Rusia, Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Azerbaijan, telah berdebat tentang bagaimana membagi wilayah perairan tertutup terbesar di dunia itu.

sementara beberapa negara telah mendesak maju dengan proyek lepas pantai besar seperti ladang minyak Kashagan di lepas pantai Kazakhstan, perselisihan atas status hukum laut telah mencegah beberapa ide lain untuk diimplementasikan.

Salah satu ide tersebut adalah pembangunan pipa di sepanang Kaspia yang dapat mengirim gas alam dari Turkmenistan ke Azerbaijan dan kemudian lebih jauh ke Eropa, memungkinkannya untuk bersaing dengan Rusia di pasar Barat.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak