alexametrics

UE Minta Saudi Jelaskan Masalah Penangkapan Aktivis

loading...
UE Minta Saudi Jelaskan Masalah Penangkapan Aktivis
Uni Eropa (UE) dilaporkan telah meminta Arab Saudi untuk menjelaskan penangkapan dan tuduhan yang dihadapi aktivis HAM perempuan. Foto/Istimewa
A+ A-
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) dilaporkan telah meminta Arab Saudi untuk menjelaskan penangkapan dan tuduhan yang dihadapi aktivis HAM perempuan. Brussels mengatakan, para tahanan harus diberikan kesempatan untuk membela diri.

Dalam sebuah pernyataan, UE menyatakan telah melakukan komunikasi dengan pihak berwenang Saudi mengenai masalah ini. UE kemudian menyebut bahwa keberdaan aktivis penting dalam proses reformasi yang berlangsung di Saudi.

"UE telah terlibat secara konstruktif dengan pihak berwenang Saudi untuk mencari klarifikasi mengenai keadaan seputar penangkapan para aktivis HAM perempuan di Saudi, khususnya berkaitan dengan tuduhan spesifik yang diajukan terhadap mereka," kata juru bicara kantor Kepala Kebijakan Luar Negeri UE.

"Kami telah menekankan relevansi peran para aktivis HAM dan kelompok-kelompok masyarakat sipil dalam proses reformasi yang sedang diupayakan Saudi, serta pentingnya menghormati aturan-aturan proses hukum bagi semua yang ditangkap,"sambungnya, seperti dilansir Fars News pada Minggu (12/8).

Masalah penangkapan aktivis sebelumnya sempat membuat Saudi dan Kanada berkonflik. Saudi tidak terima dengan kritikan yang disampaikan Kanada terkait dengan penangkapan para aktivis tersebut dan menganggapnya sebagai intervensi terhadap kebijakan dalam negeri mereka.

Riyadh kemudian mengusir Duta Besar Kanada dan menarik pulang Duta Besar mereka di Ottawa. Selain itu, Saudi juga menghentikan sejumlah kerjasama dengan negara di Amerika Utara tersebut.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak