alexametrics

AS Nyatakan Siap Kerjasama dengan Indonesia di DK PBB

loading...
AS Nyatakan Siap Kerjasama dengan Indonesia di DK PBB
Donovan menyatakan Pompeo mengucapan selamat kepada Retno atas terpilihnya Indonesia menjadi anggota DK PBB dan mengatakan siap bekerjasama dibawah kerangka DK. Foto/Reuters
A+ A-
JAKARTA - Terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB, menurut Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan menjadi salah satu pembahasan saat terjadi pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Jakarta pada pekan lalu.

Donovan menyatakan, dalam pertemuan itu Pompeo melayangkan ucapan selamat kepada Retno atas terpilihnya Indonesia menjadi anggota badan terkuat PBB itu dan mengatakan siap bekerjasama dengan Indonesia di bawah kerangka DK PBB.

"Dia menyatakan senang bekerjasama secara dekat dengan Indonesia di DK PBB," kata Donovan saat melakukan pertemuan dengan sejumlah awak media di kantor Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Jumat (10/8).

"Dalam konteks ini, Pompeo mendiskusikan pentingnya menerapkan resolusi DK PBB. terutama upaya-upaya yang terkait dengan Korut dan dia sangat menghargai bahwa denuklirisasi Korut adalah salah satu tujuan dari Indonesia," sambungnya.

Diplomat senior AS itu kemudian mengatakan, selain mengenai DK PBB, keduanya juga membas mengenai Indo-Pasifik, khususnya yang terkait dengan Laut China Selatan. Pompeo, papar Donovan memuji kepimpinan Indonesia di kawasan Indo-Pasifik dan menegaskan posisi AS di kawasan itu.

"Menyampaikan bahwa AS, sebagai negara Indo-Pasifik telah memajukan kebebasan, perdamaian dan kesejahteraan di seluruh Indo-Pasifik. Kami juga berupaya untuk mempertahankan dan memperkuat sistem internasional yang mengusung aturan yang transparan, arbritase damai dari perselisihan dan supremasi hukum dengan bekerja untuk memperkuat instituasi regional seperti ASEAN," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak