Tren Warna Eksterior dan Interior 2024 Diungkap dalam Pameran ARCH:ID, Penuh Nuansa Alam

Senin, 26 Februari 2024 - 22:02 WIB
loading...
Tren Warna Eksterior dan Interior 2024 Diungkap dalam Pameran ARCH:ID, Penuh Nuansa Alam
Nippon Paint menghadirkan nuansa alam di booth-nya pada ajang ARCH:ID melalui Trend Beyond Colours sebagai inspirasi untuk tren warna dan desain di tahun 2024/25. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pameran arsitektur terbesar di Indonesia yaitu ARCH:ID telah sukses digelar pada 22-25 Februari 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

ARCH:ID merupakan acara tahunan sebagai forum dan pameran arsitektur yang berfungsi sebagai platform bagi para pelaku serta pemangku kepentingan di bidang arsitektur dan industri konstruksi. Melalui tema "Placemaking: TOLERANCE", acara ini mengajak para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi, berkomunikasi, dan bertukar ide tentang merancang serta menciptakan ruang publik atau elemen-elemen yang inklusif, sekaligus mendorong interaksi sosial, menghormati keragaman budaya, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya toleransi di antara berbagai komunitas atau kelompok masyarakat.

Merespons positif hal itu, Nippon Paint turut berpartisipasi dalam ARCH:ID. Salah satunya dengan menghadirkan nuansa alam di booth-nya melalui Trend Beyond Colours (TBC) sebagai inspirasi untuk tren warna dan desain di tahun 2024/25.

“Penyelenggaraan ARCH:ID sebagai pameran arsitektur terbesar di Indonesia dengan mengusung tema tahun ini yaitu ‘Placemaking: TOLERANCE’ sejalan dengan apa yang menjadi visi Nippon Paint dalam mendukung arsitektur yang berkelanjutan," kata Linda Kam, Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, melalui keterangan tertulis Senin (26/2/2024).

Dukungan Nippon Paint dalam arsitektur berkelanjutan telah lama digaungkan secara konsisten dalam setiap penyelenggaraan kompetisi desain internasional seperti Asia Young Designer Awards ataupun Creative Colour Awards (CCA), yang berfokus tak hanya pada inovasi warna melalui cat/pelapis pada bangunan namun juga sejauh mana dapat memberikan dampak positif pada lingkungkan yang berkelanjutan.

Linda Kam lebih lanjut menjelaskan mengapa Nippon Paint menghadirkan nuansa warna-warna alam dalam booth di ARCH:ID.

“Tema-tema yang berkaitan dengan lingkungan, alam, telah menjadi titik perhatian kami sejak lama. Termasuk dalam pameran ARCH:ID kali ini kami mengangkat nuansa yang lekat dengan alam, sesuai dengan tren warna yang kami luncurkan di tahun 2024. Di mana melalui nuansa alam ini kita dapat memulai babak baru dengan menemukan kembali ketenangan, keindahan dalam harmoni, kekuatan dalam pembaharuan, dan kegembiraan dalam diri," bebernya.

Dalam penyelenggaraannya, ARCH:ID tidak hanya menampilkan pameran dan konferensi kelas dunia, tetapi juga menyajikan berbagai program seperti Talk Series. Termasuk Nippon Paint yang mendapat kesempatan dalam Talk Series untuk berbagi informasi mengenai tren warna 2024 dan kompetisi Creative Colour Awards.

“Nippon Paint membuka kesempatan bagi para praktisi arsitek dan desainer interior untuk mengikuti Creative Colour Awards (CCA), yaitu sebuah ajang kompetisi internasional yang dipersembahkan oleh Nippon Paint yang berfokus dalam penggunaan serta inovasi warna melalui cat/pelapis pada bangunan rancangannya," kata Windy Sekar, Marketing Public Relations Manager Nippon Paint Indonesia.

Lebih lanjut Windy memaparkan, pendaftaran CCA 2023/24 telah dibuka sejak November 2023 dan akan ditutup pada 12 April 2024. Dalam CCA terdapat beberapa kategori yang bisa diikutkan yaitu Corporate & Commercial Exterior, Residential Exterior, Corporate & Commercial Interior, serta Public Spaces.

Pada CCA periode lalu, finalis dari Indonesia, Yuli Kalson Sagala dari KsAD Architects, berhasil memenangkan penghargaan sebagai pemenang utama dalam kategori Architectural - Corporate & Commercial Exterior dengan karyanya dalam rancangan project Ciputra Kasih Semarang School, Jawa Tengah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)