PGI Minta Menag Pertimbangkan Wacana KUA Jadi Tempat Pernikahan Semua Agama

Senin, 26 Februari 2024 - 14:18 WIB
loading...
PGI Minta Menag Pertimbangkan Wacana KUA Jadi Tempat Pernikahan Semua Agama
Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian (KP) PGI, Henrek Lokra meminta kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas untuk mempertimbangkan kembali wacana KUA dijadikan tempat pernikahan semua agama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian (KP) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) , Henrek Lokra meminta kepada Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk mempertimbangkan kembali wacana Kantor Urusan Agama (KUA) dijadikan tempat pernikahan semua agama.

Sebab untuk agama Kristen pernikahan adalah urusan privasi. Sehingga Gereja sendiri bertugas memberkati sebuah pernikahan di wilayah privat.



"Sebaiknya dipertimbangkan dengan matang. Sebab di Kristen, pernikahan itu urusan private, dan tempatnya di Catatan Sipil. Gereja bertugas memberkati sebuah pernikahan yang adalah wilayah private seseorang," ujar Henrek dalam keterangannya, Senin (26/2/2024).

Menurutnya, tugas Gereja adalah memberkati pernikahan yang telah dicatatkan dalam adminduk. Sehingga negara dinilai hanya mengurus adminduk.



"Belajar dari SEMA Nomor 2/2023, terlihat bahwa tidak terjadi titik temu antar agama soal nikah beda agama. Dan pemerintah melalui MA tidak bisa memfasilitasi perbedaan yang ada," tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)