Malaysia: Dari 28 Jet Tempur Buatan Rusia, Hanya 4 Bisa Terbang

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 08:21 WIB
Malaysia: Dari 28 Jet Tempur Buatan Rusia, Hanya 4 Bisa Terbang
Malaysia: Dari 28 Jet Tempur Buatan Rusia, Hanya 4 Bisa Terbang
A A A
KUALA LUMPUR - Hanya empat dari 28 pesawat jet tempur buatan Rusia yang dimiliki Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) yang dapat terbang. Demikian diungkap Menteri Pertahanan Mohamad Sabu.

Menteri tersebut mengatakan bahwa RMAF memiliki 18 pesawat Sukhoi Su-30MKM dan sepuluh pesawat jet tempur MiG-29, yang semuanya buatan Rusia.

"Hanya empat dari Sukhoi yang dapat terbang dengan baik," katanya, seperti dikutip The Star, kemarin. Menurutnya, 14 pesawat lainnya sedang diperbaiki.

Dalam sebuah paparan di Parlemen hari Selasa lalu, Mohamed Sabu mengatakan RMAF tidak dapat mempertahankan kelaikan pesawat jet tempur.

Dia mengatakan Kementerian Pertahanan telah menghentikan kontraktor yang dikontrak oleh pemerintah sebelumnya dan sedang mempertimbangkan untuk mengganti mereka dengan kontraktor lokal.

Keputusan ini secara tidak langsung akan memengaruhi hubungan Malaysia dan Rusia.

Mohamad Sabu juga memberitahu Parlemen bahwa sepuluh jet multi-peran MiG-29 mulai beroperasi pada tahun 1995. Sedangkan enam pesawat Sukhoi Su-30MKM Air-Superiority Fighter dikirim pada tahun 2007 dan sisanya pada tahun 2009.

Sebelumnya, dia mengatakan bahwa kementerian akan berhenti memberikan posisi kehormatan kepada politisi untuk menghindari hal-hal untuk "menarik peringkat" dan menyalahgunakan posisi mereka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4648 seconds (0.1#10.140)