5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:13 WIB
loading...
5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel
India dan Israel memiliki hubungan yang mesra. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Sejak menjalin hubungan pada tahun 1992, India telah menjadi pembeli senjata terbesar dan paling dapat diandalkan bagi Israel

Itu dibuktikan dengan intensitas Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz berkunjung ke ibu kota India. Gantz bertemu dengan mitranya, Rajnath Singh, serta dengan Perdana Menteri Narendra Modi, "dengan tujuan memperluas dan memperdalam kerja sama antar lembaga".

Beberapa pejabat senior Israel lainnya dari Direktorat Penelitian dan Pengembangan Pertahanan Kementerian Pertahanan, serta Biro Urusan Politik-Militer, serta perwakilan dari industri senjata Israel, menemaninya dalam perjalanan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Israel sangat mementingkan pasar senjata India sebagai pelanggan perangkat keras militer terbesar dan mungkin paling dapat diandalkan.

Menurut pemantau senjata, India adalah pembeli terbesar senjata buatan Israel, menghabiskan lebih dari $1 miliar per tahun.

India, sejak tahun 2017, juga menjadi mitra strategis dan salah satu produsen senjata Israel. Selama lima tahun terakhir, kedua negara telah melakukan latihan militer bersama dan menjadi tuan rumah pelatihan polisi dan tentara serta pertukaran kunjungan.

Namun tidak selalu seperti ini. Hingga tahun 1992, India tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

1. Memiliki Sejarah Panjang Saling Mendukung

5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Foto/Reuters

Meskipun kesepakatan militer baru berkembang setelah hubungan diplomatik terjalin, kedua negara memang memiliki hubungan rahasia sebelum tahun 1992.

Melansir Middle East Eye, Israel memberi India senjata pada tahun 1962 dan kemudian pada tahun 1965 dalam perang melawan China dan Pakistan. Pada awal tahun 1970-an, kalangan militer India terkesan dan terpikat dengan teknologi Israel.

Setelah beberapa interaksi antara para pemimpin militer pada awal tahun 1990an, India setuju untuk menugaskan atase pertahanan ke Tel Aviv pada tahun 1995.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)