Dibuat Terlalu Besar, Kapal Selam Spanyol Tak Bisa Masuk Dermaga

Kamis, 19 Juli 2018 - 10:09 WIB
Dibuat Terlalu Besar, Kapal Selam Spanyol Tak Bisa Masuk Dermaga
Dibuat Terlalu Besar, Kapal Selam Spanyol Tak Bisa Masuk Dermaga
A A A
MADRID - Proyek pembuatan kapal selam Spanyol, S-80, berakhir dengan kesalahan yang mengggelikan. Kapal yang akhirnya menelan biaya produksi 900 juta poundsterling atau lebih dari Rp16,9 triliun tidak bisa masuk dermaganya karena ukurannya terlalu besar.

Kapal selam S-80 awalnya harus membutuhkan desain ulang karena bobotnya terlalu berat sehingga menjadi masalah besar untuk berlayar. Namun, kesalahan itu diperparah lagi ketika ukuran S-80 ternyata terlalu besar sehingga perbaikan masalah diperpanjang lagi.

Surat kabar Spanyol, El País, melaporkan bahwa setelah kapal S-80 mengalami desain ulang, dermaga di Cartagena tidak lagi muat untuk kapal selam tersebut.

Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles, yang berbicara di radio Spanyol, mengakui bahwa ada kekurangan dalam proyek kapal selam tersebut.

"Itu sudah dikoreksi dan proyek itu benar-benar layak," klaim Robles, yang dikutip Kamis (19/7/2018).

Ketidakberesan proyek kapal selam itu awalnya terdeteksi pada 2013, yakni ketika Angkatan Laut Spanyol menemukan kapal selam itu terlalu berat. Hal itu menyebabkan masalah daya apung.

Seorang mantan pejabat Spanyol mengatakan kepada Associated Press pada waktu itu bahwa seseorang telah meletakkan koma desimal di tempat yang salah, dan tidak ada yang memperhatikan untuk meninjau kalkulasi.

Seorang mantan pejabat Spanyol mengatakan kepada Associated Press pada waktu itu bahwa seseorang telah meletakkan koma desimal di tempat yang salah, dan "tidak ada yang memperhatikan untuk meninjau kalkulasi".

Kesalahan itu menelan biaya 14 juta Euro, sementara para insinyur dan konsultan menemukan bahwa daya apung dapat ditingkatkan dengan memperpanjang kapal.

Desain asli dari perusahaan pertahanan milik negara, Navantia, adalah panjang 71 mter dan berat 2.200 ton.

Sekarang, kapal S-80 "Plus" memiliki panjang 81 meter dan bobot 3.000 ton.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3617 seconds (0.1#10.140)