Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa

Rabu, 18 Juli 2018 - 12:46 WIB
Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa
Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa
A A A
Pembajakan atau perompakan ternyata bukan hanya dongeng saja. Hal itu memang benar terjadi berabad-abad yang lalu, tepatnya pada zaman keemasan bajak laut. Yang paling khas dari bajak laut adalah bendera kebesaran dengan lambang tengkorak dan dua tulang menyilang yang disebut “Jolly Roger”. Dalam sejarahnya ada sejumlah bajak laut yang cukup disegani, ini di antaranya:

1. Ching Shih (China, 1785-1844)

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Masa keemasan bajak laut juga terjadi di perairan lepas pantai China. Dan bajak laut wanita bukanlah pemandangan yang langka, bahkan tidak jarang dari mereka memerintah sebagai kapten kapal yang ditakuti. Ditangkap oleh bajak laut dari sebuah rumah bordil di Kanton pada tahun 1801, Ching Shih malah meroket sebagai bajak laut dan berhasil menjadi salah satu kapten perempuan yang disegani, dan bahkan mengomandani ratusan armada kapal bajak laut.

2. Cheung Po Tsai

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Cheung Po Tsai merupakan anak dari seorang nelayan yang mengalami nasib sial ketika dirinya ditangkap dan dijadikan budak oleh suatu kelompok bajak laut kejam di lautan. Po Tsai beserta istrinya kemudian secara tidak langsung ditetapkan menjadi anggota bajak laut. Di kariernya sebagai salah satu bajak laut sadis, Po Tsai memiliki kru bajak laut dengan jumlah fantastis yakni 50.000 orang. Po Tsai beserta krunya menebar kekejamannya di perairan Guangdong dan berhasil mengumpulkan banyak harta karun berharga. Kekejaman yang dilakukan oleh Po Tsai akhirnya sampai ke telinga pemerintah Cina. Dirinya kemudian ditangkap dan mulai dipekerjakan oleh pemerintah Cina sebagai pemburu bajak laut.

3. William Kidd (Skotlandia, 1645 – 1701)

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Apakah ia merupakan seorang privateer atau bajak laut? Pelaut asal skotlandia ini terkenal karena berada dalam wilayah abu-abu antara keduanya. Pada awalnya ia dipekerjakan oleh pemerintah Inggris sebagai privateer tapi ia akhirnya digantung pada tahun 1701 sebagai bajak laut. Rumor tentang lokasi harta karunnya yang ia sembunyikan sebelum ia ditangkap dan diadili masih bertahan sampai hari ini.

4. Henry Morgan (Welsh, 1635 - 1688)

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Sangat terkenal karena ada sebuah rum yang dinamakan dengan namanya, Kapten Henry Morgan awalnya berlayar di lautan Karibia sebagai privateer, lalu sebagai bajak laut di pertengahan tahun 1600-an. Ia terkenal karena menyerang koloni Spanyol yang kaya akan emas di Panama City. Dia juga dikenal sebagai salah satu dari beberapa bajak laut yang pernah "pensiun" dari kegiatan membajaknya.

5. Sir Francis Drake (Inggris, 1540-1595)

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Francis Drake mendapatkan gelar kehormatan dari kerajaan Inggris, tetapi merupakan kriminal yang terus diburu oleh kerajaan Spanyol. Drake menghabiskan waktunya dengan mengelilingi dunia serta mengalahkan armada laut Spanyol pada tahun 1588 dan terlibat dalam pembajakan serta perdagangan budak di Karibia. Ia juga memimpin banyak penyerangan dan penyerbuan, terutama pada koloni Spanyol di Amerika Tengah, sehingga ia dihargai dengan nilai buruan paling besar dalam sejarah bajak laut.

6. Barbarossa Bersaudara (Barbarossa Brother)

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Aruj dan Hayreddin adalah dua orang perompak bersaudara asal Turki yang menguasai laut Mediterania dan diberi gelar Barbarossa (yang berarti si janggut merah) oleh orang-orang Eropa. Aruj awalnya hanyalah seorang pelaut biasa yang biasa berlayar di wilayah perairan Yunani dan Turki. Suatu hari kapalnya diserang oleh kapal militer St. John of Jerusalem atau biasa disebut sebagai Knight of Rhodes. Kejadian ini membuat adik bungsunya terbunuh. Sejak saat itu Aruj dan Hayreddin melakukan aksi bajak laut kepada semua kapal-kapal militer Eropa. Pada abad ke-16, menggunakan Afrika Utara sebagai markasnya, Barbarossa bersaudara menyerang beberapa kota-kota di pesisir yang menentangnya dengan pasukan bajak lautnya dan menjadi orang paling berpengaruh di daerah tersebut.

7. Francois L’Ollonais

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Lahir dengan nama asli Jean-David Neu, Francois terkenal secara khusus karena perlakuannya terhadap para tawanannya.Dalam sebuah kesempatan saat ia menaklukkan Maracaibo di Venezuela, ia mencabut jantung salah satu tawanan dari Spanyol dan memakannya di hadapan tawanan lain untuk meyakinkan mereka bahwa ia bisa membunuh mereka jika tidak mendapatkan informasi yang ia inginkan. Ironisnya, beberapa bulan setelah insiden tersebut, kapalnya karam di lepas pantai kepulauan Las Petras, dimana ia kemudian dibunuh dan kemungkinan dimakan oleh suku pedalaman.

8. Edward Teach 'Blackbeard'

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Meskipun sudah banyak bajak laut sadis di dunia, namun dikatakan hanya ada satu bajak laut yang benar-benar sadis dan tidak mengenal kata takut di dunia. Bajak laut itu bernama Edward Teach atau Blackbeard. Pada puncak kariernya sebagai bajak laut, Blackbeard mampu mengumpulkan kru sampai sebanyak 300 orang dan memegang komando 4 kapal. Dalam pertempuran, Blackbeard menggunakan 2 buah pedang, beberapa pisau dan juga pistol. Dirinya diketahui secara sadis dan kejam membajak sebanyak 40 kapal pedagang di kawasan Karibia, dimana semua tahanannya ia bunuh tanpa belas kasihan.

9. Bartholomew Roberts alias “Black Bart”

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Dengan rekor membunuh sebanyak 400 orang membuat Bartholomew Roberts menjadi salah satu bajak laut paling sadis dan terkenal yang pernah ada. Sebelum menjadi seorang bajak laut, Roberts hanyalah seorang budak kapal biasa. Kemudian dirinya ditangkap ketika kapal yang ia tumpangi dibajak oleh bajak laut. Namun karena Roberts sangat ahli dalam navigasi, maka dirinya tidak ditahan oleh bajak lautyang menangkapnya. Peringkat Roberts dalam bajak laut meroket dengan pesat ketika kapten bajak laut tewas dalam pertempuran. Kekejaman dari Roberts dan kru kapalnya terlihat ketika dirinya menahan sekitar 80 orang Afrika kemudian membakarnya hidup-hidup dalam kapal.

10. Bajak Laut Somalia

Bajak Laut yang Paling Disegani Sepanjang Masa


Saat ini perompak Somalia dianggap paling berbahaya dan populer di Samudera Hindia. Mereka cenderung menangkap kapal-kapal besar dan menuntut tebusan tinggi. Pada 2005, perompak Somalia menangkap kapal terdaftar Hong Kong "The MV Feisty Gas", yang harus memberikan tebusan senilai USD315.000. Sejak saat itu ada banyak penangkapan yang dieksekusi oleh mereka dengan tuntutan uang tebusan sempurna. Perompak Somalia telah menghargai diri mereka dengan uang tebusan lebih dari USD200 juta hanya dengan mengambil kapal dari berbagai negara. Dianggap sangat berbahaya karena mereka dipersenjatai dengan peluncur roket AK-47 atau RPG.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3244 seconds (0.1#10.140)