Kapal Ikan dengan ABK WNI Tenggelam di Samudera Atlantik

Senin, 16 Juli 2018 - 21:26 WIB
Kapal Ikan dengan ABK WNI Tenggelam di Samudera Atlantik
Kapal Ikan dengan ABK WNI Tenggelam di Samudera Atlantik
A A A
BUENOS AIRES - Sebuah kapal ikan berbendera Spanyol, yang turut membawa 8 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dilaporkan tenggelam di Samudera Atlantik, di wilayah perairan Argentina. Kapal itu tenggelam pada pekan lalu.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Buenos Aires, Argentina pada Senin (16/7), merekamenerima informasi dari Kementerian Luar Negeri dan Agama Republik Argentina, bahwa Kapal Ikan Dorneda tenggelam di Samudera Atlantik.

Kapal itu memiliki 27 kru, termasuk delapan ABK asal Indonesia. Dari 27 kru, 25 diantaranya berhasil diselamatkan, termasuk delapan ABK asal Indonesia.

KBRI Buenos Aires menyatakan, setelah berkoordinasi dengan pihak Kemlu Argentina, didapatkan informasi bahwa pihak Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim (MRSC) Angkatan Laut Argentina yang berbasis di Pangkalan Laut Belgrano pada tanggal 10 Juli 2018 pukul 10 malam waktu setempat mendapati radio suar darurat yang diaktifkan oleh kapal ikan Dorneda.

“Kapal tersebut berada sekitar 308 mil laut dari kota pelabuhan Comodoro Rivadavia. Dua kapal terdekat, Beagle I dan Farruco kemudian diperintahkan untuk mendatangi lokasi kapal Dorneda," kata Kemenlu Argentina dalam keterangan kepada KBRI Buenos Aires.

Kapal Beagle I yang membawa sembilan kru kapal yang selamat, termasuk satu ABK WNI akan menuju Pelabuhan Mar del Plata, Argentina kemarin sore. Sedangkan tujuh ABK WNI lainnya yang selamat dibawa oleh kapal Farruco menuju ke Pelabuhan Montevideo, Uruguay beserta 16 kru kapal lain yang diselamatkan.

KRBI Buenos Aires menuturkan, mereka tengah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk otoritas di Argentina dan Uruguay untuk membantu pemulangan seluruh ABK WNI untuk kembali ke tanah air.

“Keselamatan WNI di luar negeri adalah prioritas dan salah satu tugas utama KBRI Buenos Aires. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam misi penyelamatan awak kapal tersebut" kata Duta Besar Indonesia untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3359 seconds (0.1#10.140)