Trump Sarankan PM Inggris untuk Tuntut UE

Minggu, 15 Juli 2018 - 18:32 WIB
Trump Sarankan PM Inggris untuk Tuntut UE
Trump Sarankan PM Inggris untuk Tuntut UE
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris, Theresa May dalam sebuah wawancara dengan media Inggris mengungkapkan saran yang diberikan oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump kepada dirinya mengenai Brexit.

Dalam wawancara dengan saluran televisi Inggris, BCC, May mengatakan, Trump telah menyarankan dirinya untuk menghentikan negosiasi dengan Uni Eropa (UE) dan menuntut badan kerjasama Eropa tersebut.

"Dia mengatakan kepada saya, bahwa saya harus menuntut UE (terkait Brexit)," kata May dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/7). Dia lalu mengatakan, Trump menyebut keluarnya Inggris dari UE adalah sesuatu hal yang tidak bisa dinegosiasikan.

Sebelumnya, dalam sebuah wawncara dengan surat kabar The Sun, Trump menyatakan saat bertemu dengan May, dengan mengkritisi kebijakan Brexit Perdana Menteri Inggris itu. Menurutnya strategi tersebut telah mematikan harapan dari perjanjian perdangan AS dan May telah gagal mengambil cara bernegosiasi dengan UE.

"Saya akan melakukannya dengan sangat berbeda. Saya benar-benar mengatakan kepada Theresa May bagaimana melakukannya, tetapi dia tidak mendengarkan saya," kata Trump dalam wawancara itu.

Inggris sendiri tengah bersiap untuk meninggalkan UE pada 29 Maret 2019. Para pendukung Brexit telah membuat apa yang disebut sebagai hubungan khusus dengan AS dan manfaat dari hubungan perdagangan yang lebih erat dengan ekonomi terbesar di dunia.

Namun, banyak pendukung Brexit yang menyebut negosiasi yang dilakukan May dengan UE sebagai pengkhianatan, termasuk anggota parlemen di partainya sendiri yang terpecah, yang telah memperingatkan May mungkin akan menghadapi tantangan kepemimpinan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5343 seconds (0.1#10.140)