Mengejutkan, Putin Lebih Pilih Biden Pimpin AS daripada Trump

Kamis, 15 Februari 2024 - 08:08 WIB
loading...
Mengejutkan, Putin Lebih Pilih Biden Pimpin AS daripada Trump
Presiden Rusia Vladimir Putin lebih memimpih Joe Biden daripada Donald Trump sebagai presiden AS. Foto/REUTERS/Alexander Kazakov
A A A
WASHINGTON - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia lebih memilih Joe Biden daripada Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat (AS).

Komentar Putin ini mengejutkan karena dia selama dikenal cocok dengan Trump. Bahkan, bakal calon presiden Partai Republik AS itu kerap disebut sebagai "agen" Rusia ketika dia berkuasa.

Meski lebih memilih Biden, Putin menegaskan bahwa dia bersedia bekerja sama dengan presiden AS mana pun.

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Pavel Zarubin, Putin ditanya: "Siapa yang lebih baik bagi kita di antara Biden, seorang Demokrat, dan Trump, seorang Republikan."



Putin menjawab tanpa ragu-ragu: "Biden. Dia adalah orang yang lebih berpengalaman dan mudah ditebak, politisizaman dulu."

"Tetapi kami akan bekerja sama dengan presiden AS mana pun yang dipercaya oleh rakyat Amerika," lanjut Putin sambil tersenyum, seperti dikutip Reuters, Kamis (15/2/2024).

Ini adalah pertama kalinya Putin berkomentar secara terbuka mengenai pemilihan presiden AS tahun 2024 di mana Biden dan Trump diperkirakan akan saling berhadapan untuk kedua kalinya berturut-turut.

Pada saat ketidakpastian politik tinggi di AS, dan hubungan kedua negara berada pada titik terendah selama lebih dari 60 tahun, komentarnya lebih cenderung dianggap sebagai kenakalan dibandingkan dianggap sekadar omong kosong belaka.

Biden telah memimpin respons Barat terhadap invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022, termasuk ekspansi aliansi NATO, penerapan gelombang sanksi berturut-turut terhadap Moskow, dan penyediaan bantuan dan senjata senilai miliaran dolar ke Kyiv.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)