alexametrics

Islandia Gantikan AS di Dewan Hak Asasi Manusia PBB

loading...
Islandia Gantikan AS di Dewan Hak Asasi Manusia PBB
Islandia terpilih menggantikan AS di Dewan HAM PBB. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Majelis Umum PBB memilih Islandia untuk menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM). Islandia menggantikan posisi Amerika Serikat (AS) yang menarik diri dari badan itu bulan lalu dengan alasan bias terhadap Israel.

Ini adalah untuk pertama kalinya Islandia terpilih menjadi anggota Dewan HAM PBB. Negara ini mendapat dukungan 172 negara. Sementara kandidat lain, Prancis hanya mendapatkan 1 suara seperti dikutip dari Washington Post, Sabtu (14/7/2018).

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Juru Bicara PBB Stephane Dujarric, Sekretaris Jenderal Antonio Guterres mengatakan bahwa ia lebih senang jika AS tetap berada dalam badan tersebut.

Ia juga mengatakan badan yang terdiri dari 47 anggota itu adalah bagian dari keseluruhan arsitektur Hak Asasi Manusia PBB, yang memainkan peran yang sangat penting dalam promosi dan perlindungan hak asasi manusia di seluruh dunia seperti dikutip dari situs PBB.



Pada 19 Juni, AS mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan Dewan HAM PBB. Para pejabat senior AS menuduh badan itu menunjukan sikap bias yang mengakar terhadap Israel. AS juga mengkritik apa yang mereka katakan sebagai kesediaan badan itu untuk menerima negara-negara yang juga merupakan pelanggar hak asasi manusia.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, menurut laporan, mencatat bahwa langkah itu tidak menunjukkan dengan cara apa pun jika AS mundur dari komitmen hak asasi manusia itu sendiri.

Pertemuan Dewan HAM berikutnya dijadwalkan pada bulan September mendatang.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak