Rusia: Rantai Komando Nuklir AS Dipegang Manula yang Sakit-sakitan

Rabu, 14 Februari 2024 - 19:50 WIB
loading...
Rusia: Rantai Komando Nuklir AS Dipegang Manula yang Sakit-sakitan
Pemimpin rantai komando nuklir AS dipegang manula yang sakit-sakitan. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Seorang pejabat tinggi di Dewan Keamanan Rusia Mikhail Popov menyuarakan kekhawatiran atas risiko “bencana” nuklir yang timbul dari masalah kesehatan pimpinan Pentagon dan menurunnya kemampuan Presiden AS Joe Biden. Dia juga memperingatkan kemungkinan “kesalahan manajemen” yang dilakukan oleh para pemimpin Amerika.

Berbicara kepada surat kabar Izvestiya, Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Mikhail Popov mengatakan ketidakstabilan politik di Washington dapat memicu eskalasi yang tidak disengaja.

“Dalam situasi politik internal Amerika yang sulit dan gelisah yang muncul baru-baru ini, akibat dari kesalahan manajemen yang dilakukan oleh para pemimpin nasional, baik disengaja atau tidak, telah meningkat secara signifikan,” katanya, dilansir RT. “Dan bencana global tidak akan terlalu jauh terjadi.”

Popov menekankan bahwa yang ia maksud bukanlah “republik pisang”, melainkan “sebuah negara yang memiliki senjata nuklir dan terus-menerus mengklaim sebagai hegemon dunia.” Dia menambahkan bahwa diagnosis kanker Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan usia tua Biden “telah menimbulkan pertanyaan tentang sistem keamanan global” dan rantai komando AS, menanyakan “Bagaimana keputusan untuk menggunakan senjata nuklir secara umum dibuat di Amerika Serikat?”



“Menteri Pertahanan tidak ada di sana, dan tidak ada yang tahu di mana dia berada atau siapa yang menggantikannya. Pers menulis bahwa sebagian tanggung jawabnya diserahkan kepada Wakil Menteri Kathleen Hicks. Tapi dia sedang berlibur di Puerto Rico saat itu,” katanya.

Pejabat tersebut melanjutkan dengan mengamati sebuah episode selama Perang Dingin, ketika seorang mayor Angkatan Udara AS dipecat karena mempertanyakan bagaimana dia bisa mengetahui apakah perintah peluncuran nuklir “berasal dari presiden yang waras,” karena panglima tertinggi bertanggung jawab untuk mengendalikan persenjataan nuklir.

Diagnosis kanker prostat yang dialami Austin mengejutkan tidak hanya bagi masyarakat AS, tetapi juga bagi Biden sendiri, dan pimpinan Pentagon mengakui bahwa timnya tidak memberi tahu Gedung Putih mengenai berita tersebut. Sejak saat itu, ia kembali dirawat di rumah sakit karena masalah kandung kemihnya, dan dilaporkan bahwa ia dirawat dengan “prosedur non-bedah” yang dirahasiakan.

Sebagai presiden tertua dalam sejarah AS, yaitu pada usia 81 tahun, kebugaran Biden adalah salah satu masalah paling mendesak bagi para pemilih Amerika menjelang pemilu 2024. Dalam jajak pendapat NBC News baru-baru ini, 76% responden menyuarakan kekhawatiran besar atau sedang mengenai “kesehatan mental dan fisik” presiden.

Sementara penasihat khusus Robert Hur – yang ditunjuk untuk menyelidiki dugaan kesalahan penanganan dokumen rahasia oleh Biden – menyimpulkan bahwa presiden telah “berkurangnya kemampuan seiring bertambahnya usia.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)