Liga Arab Sambut Baik Senat Irlandia Larang Produk Israel

Jum'at, 13 Juli 2018 - 14:12 WIB
Liga Arab Sambut Baik Senat Irlandia Larang Produk Israel
Liga Arab Sambut Baik Senat Irlandia Larang Produk Israel
A A A
KAIRO - Liga Arab menyambut baik keputusan Senat Irlandia yang mendukung undang-undang larangan untuk barang-barang yang diproduksi di wilayah-wilayah pendudukan di seluruh dunia, termasuk permukiman Israel.

"Pemilihan itu berani dan nekad," kata Saeed Abu Ali, asisten sekretaris jenderal Liga Arab untuk urusan wilayah Arab dan Palestina yang diduduki, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (13/7/2018).

Dia menambahkan bahwa langkah Irlandia mengisyaratkan pesan yang jelas untuk pendudukan Israel yang harus membayar atas kejahatan yang dilakukannya terhadap Palestina.

Ia meminta negara-negara Uni Eropa (UE) lainnya untuk mengikuti jalan yang sama dan menjadi cukup berani untuk mempertanyakan Israel.

Senator Irlandia memberikan suara 25 berbanding 20 pada hari Rabu untuk menyetujui RUU yang melarang produk dari wilayah pendudukan. RUU ini masih harus disahkan oleh Majelis Rendah untuk menjadi peraturan.

Jika disahkan, Irlandia akan menjadi negara Uni Eropa pertama yang memberlakukan boikot terhadap barang-barang pemukiman Israel.

Pernyataan Liga Arab menambahkan RUU ini sejalan dengan hukum internasional dan menunjukkan siapa pun yang berurusan dengan penyelesaian Israel adalah seorang kolaborator yang membantu dalam menyatukan pendudukan ilegal wilayah Palestina.

Undang-undang yang diusulkan diperkenalkan oleh seorang senator independen dan mendapat dukungan dari semua partai politik besar Irlandia, kecuali partai Fine Gael..

Senator Frances Black, yang mengajukan RUU itu, menggambarkan pemukiman Israel sebagai kejahatan perang, dan menambahkan Irlandia akan selalu berpihak pada hukum internasional, hak asasi manusia dan keadilan.

Israel mengecam proposal itu sebagai populis, berbahaya, dan ekstremis. Sementara juru bicara Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) menyatakan penghargaan yang tulus atas langkah Irlandia itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4184 seconds (0.1#10.140)