Jerman: Kami Bukan Sandera AS atau Rusia

Kamis, 12 Juli 2018 - 15:48 WIB
Jerman: Kami Bukan Sandera AS atau Rusia
Jerman: Kami Bukan Sandera AS atau Rusia
A A A
BERLIN - Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas mengecam kritik Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump atas penjualan gas alam cair Rusia ke Berlin. Dia mengatakan, Jerman bukan sandera dari Rusia atau AS.

Pernyataan Maas, yang disampaikan di akun Twitter pribadinya adalah respon atas pernyataan Trump yang menyebut Rusia telah menggunakan gas alam untuk menyandera Jerman. Trump mengatakan, adalah hal yang tidak dapat diterima bahwa Berlin lebih memilih membayar miliaran dolar ke Moskow daripada menambah iuran kepada NATO, yang melindunginya dari Rusia.

"Kami bukan sandera, baik dari Rusia maupun AS. Kami adalah salah satu penjamin dunia bebas dan yang akan tetap seperti itu," kicau Maas, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (12/7).

Sebelumnya, pernyataan serupa juga disampaikan oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel. Pemimpin Jerman itu menegaskan, bahwa Jerman adalah negara merdeka dan bebas menentukan kebijakan luar negeri mereka.

Merkel meyatakan, tidak ada satupun negara yang mengatur Jerman, baik itu Rusia atau AS, dalam membuat kebijakan luar negerinya. Dia juga menegaskan bahwa kontribusi Jerman pada NATO sudah cukup besar, baik secara finansial maupun personel tentara.

"Saya sangat senang bahwa hari ini kita bersatu dalam kebebasan Republik Federal Jerman. Karena itu kita dapat mengatakan bahwa kita dapat membuat kebijakan independen dan membuat keputusan independen. Itu sangat bagus, terutama bagi orang-orang di Jerman timur," ucap Merkel, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (11/7).

"Jerman adalah penyedia pasukan terbesar kedua, bagian terbesar dari kemampuan militer kami ditawarkan kepada NATO dan sampai hari ini kami memiliki keterlibatan yang kuat di Afghanistan. Dalam hal itu kami juga membela kepentingan AS," sambungnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3335 seconds (0.1#10.140)