Arab Saudi Temukan Sisa-Sisa Tempat Tinggal di Situs Kuno Asir

Selasa, 13 Februari 2024 - 15:06 WIB
loading...
Arab Saudi Temukan Sisa-Sisa Tempat Tinggal di Situs Kuno Asir
Proyek arkeologi Arab Saudi bertujuan untuk mengeksplorasi, mendokumentasikan, melestarikan dan memperjuangkan situs arkeologi. (SPA)
A A A
Saudi Heritage Commission atau Komisi Warisan Saudi mengungkap temuan arkeologi terbaru di situs kuno Jerash di wilayah Asir, tenggara Khamis Mushayt.

Arab News melaporkan para ahli yang bekerja di lokasi tersebut menemukan sisa-sisa tempat tinggal yang dibangun dari batu dan lumpur dengan fitur arsitektur baru yang, berdasarkan penemuan sebelumnya, memberikan wawasan lebih jauh tentang situs tersebut.

Selain itu, tim juga menemukan bukti teknik irigasi yang cerdik dan revolusioner pada saat itu, yaitu sumur yang dibuat dengan cermat dari tumpukan batu yang dihubungkan secara rumit ke saluran pusat yang mendistribusikan air ke cekungan yang berdekatan dengan tempat tinggal. Mereka juga menemukan banyak perapian dan platform, yang juga dibuat dari batu dan lumpur.



Mengenai artefak tertentu, salah satu temuan penting adalah batu granit dengan prasasti Islam tiga baris, yang merupakan penemuan kedua di situs tersebut. Barang-barang lainnya termasuk perkakas batu yang digunakan untuk tugas sehari-hari, dekorasi, tembikar, dan prasasti.

Berbagai macam perkakas termasuk alu, penggilingan, dan berbagai macam quern, perkakas tangan yang digunakan untuk menggiling biji-bijian, dengan berbagai bentuk dan ukuran. Fragmen tembikar tersebut meliputi potongan kaca, artefak kaca, dan hiasan batu sabun yang digunakan pada badan, tepi, dan gagang pot. Harta karun berupa manik-manik yang dibuat dari batu mulia juga dikatalogkan.

Komisi tersebut mengatakan bahwa proyek arkeologinya bertujuan untuk mengeksplorasi, mendokumentasikan, melestarikan dan memperjuangkan situs arkeologi sebagai aset nasional budaya dan ekonomi yang tak ternilai, sesuai dengan mandatnya yang lebih luas untuk menjaga dan merayakan warisan budaya Kerajaan yang kaya dan mempromosikan warisannya di panggung global.

Bulan ini Program Bersejarah Jeddah, bekerja sama dengan Komisi Warisan, mengumumkan 25.000 penemuan di empat situs arkeologi, yang tertua berasal dari abad ke-1 dan ke-2 kalender Hijriah (abad ke-7 dan ke-8 M).

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)