Aneh, Houthi Yaman Serang Kapal Kargo yang Menuju Iran

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:36 WIB
loading...
Aneh, Houthi Yaman Serang Kapal Kargo yang Menuju Iran
Kelompok Houthi Yaman menyerang kapal kargo yang menuju Iran. Foto/Michael Schindler/VesselFinder
A A A
SANAA - Kelompok Houthi di Yaman dikenal sebagai sekutu Iran. Namun, kelompok tersebut justru menembakkan dua rudal ke arah sebuah kapal kargo yang menuju Teheran di Laut Merah, kemarin.

Menurut para pejabat militer Amerika Serikat (AS), Serangan itu menyebabkan kerusakan ringan pada kapal tetapi tidak ada korban luka.

Serangan pagi hari tersebut merupakan pertama kalinya Houthi menargetkan kapal yang menuju Iran sejak memulai serangan terhadap pelayaran internasional sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina atas perang Israel-Hamas di Gaza.

“Militan Houthi yang didukung Iran menembakkan dua rudal dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi menuju Bab al-Mandeb,” kata Komando Pusat (CENTOM) AS di X, seperti dikutip Reuters, Selasa (13/2/2024).



“Kedua rudal diluncurkan ke arah MV Star Iris, kapal kargo berbendera Kepulauan Marshall milik Yunani yang transit di Laut Merah membawa jagung dari Brasil.”

“Kapal tersebut dilaporkan layak berlayar dengan kerusakan ringan dan tidak ada cedera pada awaknya,” lanjut CENTCOM.

“Sebagai catatan, tujuan MV Star Iris adalah Bandar Iman Khomeini, Iran.”

Juru bicara militer Houthi, Yahya Saree, mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan televisi bahwa kapal itu milik Amerika tetapi pelacak pelayaran maritim mengatakan kapal berbendera Kepulauan Marshall itu milik Yunani.

Star Iris telah mengangkut muatan jagung dari BraSil ke Iran, menurut CENTCOM dan analisis pelacakan kapal dari kelompok data dan analisis Kpler.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)