alexametrics

China Berencana Gelar Konferensi Internasional Bahas Masalah Palestina

loading...
China Berencana Gelar Konferensi Internasional Bahas Masalah Palestina
China menyatakan mereka akan mengadakan konferensi internasional baru mengenai masalah Palestina. Foto/Istimewa
A+ A-
BEIJING - China menyatakan mereka akan mengadakan konferensi internasional baru mengenai masalah Palestina. Beijing menyatakan, konferensi ini merupakan bentuk dukungan China terhadap Palestina.

Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi, yang berbicara di pertemuan tingkat menteri kedelapan dari Forum Kerja Sama China-Arab (CASCF). mengatakan China mendukung penuh upaya Palestina untuk membentuk sebuah negara merdeka yang berdaualat, dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kotanya.

"China akan terus teguh berdiri untuk pembentukan negara Palestina merdeka dengan Ibu Kotanya di Yerusalem Timur, untuk mengadvokasi keterlibatan Palestina yang lebih besar dalam komunitas internasional dan untuk mendukung penyelenggaraan konferensi internasional baru mengenai masalah Palestina," kata Wang Yi.

Dia kemudian menekankan bahwa masyarakat internasional tidak bisa membiarkan masalah Palestina dilupakan begitu saja dan tidak bisa membiarkan hak untuk mendirikan negara Palestina yang merdeka menjadi subyek tawar-menawar.



"Kami tidak bisa membiarkan rakyat Palestina kehilangan harapan. China akan terus memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (10/7).

Pernyataan Wang Yi ini dipertegas oleh pernyataan Presiden China, Xi Jinping. Pemimpin China itu mengatakan Beijing akan mengalokasikan dana sebesar USD 15 juta untuk membantu Palestina.

Konferensi internasional mengenai Palestina sendiri sebelumnya pernah diadakan oleh Prancis. Konferensi itu mendapat tentangan keras dari Israel, karena dinilai hanya menguntungkan Palestina.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak