Iran Panggil Dubes Belanda, Kutuk Pendeportasian 2 Diplomatnya

Minggu, 08 Juli 2018 - 01:25 WIB
Iran Panggil Dubes Belanda, Kutuk Pendeportasian 2 Diplomatnya
Iran Panggil Dubes Belanda, Kutuk Pendeportasian 2 Diplomatnya
A A A
TEHERAN - Iran memanggil duta besar Belanda dan memprotes deportasi terhadap dua diplomatnya. Demikian laporan kantor berita Iran, IRNA, yang mengutip juru bicara kementerian luar negeri Negeri Mullah itu.

Seorang pejabat pemerintah Eropa dan sumber intelijen Barat mengatakan Jumat bahwa pengusiran dua staf kedutaan Iran terjadi dua bulan lalu.

Baca Juga: Belanda Usir Dua Staf Kedutaan Iran

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Bahram Qasemi tidak mengatakan kapan pertemuan kementerian itu dengan duta besar Belanda berlangsung.

Dia mengatakan deportasi terhadap diplomat Iran adalah tidak ramah dan tidak konstruktif serta mengatakan Iran memiliki hak untuk mengambil tindakan balasan.

"Alih-alih mengusir diplomat Iran, pemerintah Belanda harus menjelaskan mengapa telah menyembunyikan anggota organisasi teroris," kata Qasemi, merujuk pada Organisasi Mujahidin Rakyat Iran seperti dikutip dari Reuters, Minggu (8/7/2018).

Kelompok itu terkait dengan Dewan Perlawanan Nasional yang berbasis di Paris - sebuah kelompok oposisi di pengasingan yang berusaha untuk mendongkel pemerintahan Iran.

Kelompok itu, yang juga dikenal dengan nama Persia Mujahidin-e-Khalq, pernah tercatat sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa tetapi sudah tidak lagi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)