Kata Irak, Rudal Rusia yang Bunuh Putra Bos ISIS Baghdadi

Kamis, 05 Juli 2018 - 12:26 WIB
Kata Irak, Rudal Rusia yang Bunuh Putra Bos ISIS Baghdadi
Kata Irak, Rudal Rusia yang Bunuh Putra Bos ISIS Baghdadi
A A A
BAGHDAD - Pasukan Rusia telah membunuh putra pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dalam serangan rudal di sebuah gua di Suriah. Hal itu disampaikan pihak intelijen Irak.

Putra bos ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) yang terbunuh itu adalah Hudhayfah al-Badri. Media propaganda ISIS, Amaq, menyatakan Hudhayfah al-Badri tewas dalam operasi melawan Nussayriyyah dan Rusia di situs pembangkit listrik di Homs. Pernyaatan media itu disertai dengan penerbitan foto seorang pemuda yang memegang senapan serbu, yang tak lain adalah putra Baghdadi.

Nussayriyyah adalah istilah yang digunakan oleh ISIS untuk sekte minoritas Alawite atau Alawi yang dikenal sebagai loyalis Presiden Suriah Bashar al-Assad.Baca Juga: Anak Bos ISIS Dilaporkan Tewas dalam Bentrokan di Suriah
Sel intelijen Falcon Irak mengatakan, pasukan Rusia pada hari Senin menembakkan tiga rudal ke sebuah gua di Homs yang jadi sarang persembunyian 30 pemimpin teroris dan beberapa pengawal Badri. Serangan misil itu menewaskan 11 orang.

"Badri bahkan bukan seorang petempur, dia adalah ikon yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain sebagai bentuk propaganda psikologis untuk sisa (milisi) organisasi (ISIS)," kata Falcon pada hari Rabu, yang dilansir Al Arabiya, Kamis (5/7/2018).

Pemerintah Irak telah menyatakan kemenangan atas ISIS pada bulan Desember tahun lalu. Namun, militernya terus melanjutkan operasi yang menargetkan sebagian besar wilayah gurun di sepanjang perbatasan Suriah-Irak.

Pemimpin kelompok ISIS, Baghdadi, hingga kini belum tertangkap. Dia sempat diberitakan tewas dalam beberapa kesempatan, namun intelijen Irak memastikan bahwa buron utama dunia itu masih hidup di perbatasan Irak-Suriah.

Baghdadi yang berasal dari Irak dijuluki sebagai "orang paling dicari di planet ini". Amerika Serikat telah menawarkan hadiah USD25 juta untuk pemberi informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Pada tanggal 22 Juni, Badri lolos dari serangan angkatan udara Irak yang menewaskan dua pengawalnya, termasuk Saud Mohammed al-Kurdi, juga dikenal sebagai Abu Abdallah. Pengawal itu menikah dengan putri dua Baghdadi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3680 seconds (0.1#10.140)