Kata Putin, Rusia Tak Tertarik Menginvasi 2 Negara NATO Ini

Jum'at, 09 Februari 2024 - 08:36 WIB
loading...
Kata Putin, Rusia Tak Tertarik Menginvasi 2 Negara NATO Ini
Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia tidak tertarik untuk menyerang dua negara NATO, yakni Polandia dan Latvia. Foto/Courtesy of Tucker Carlson Network/Handout via REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia tidak tertarik memperluas perangnya di Ukraina ke negara-negara NATO seperti Polandia dan Latvia.

Itu disampaikannya dalam wawancara lebih dari dua jam dengan Tucker Carlson yang disiarkan pada Kamis—wawancara pertamanya dengan seorang jurnalis Amerika Serikat (AS) sejak perang Moskow-Kyiv pecah dua tahun lalu.

Ditanya apakah dia bisa membayangkan skenario di mana dia akan mengirim pasukan Rusia ke Polandia, salah satu anggota NATO.

Putin menjawab: “Hanya dalam satu kasus: jika akan ada serangan terhadap Rusia dari Polandia. Mengapa? Karena kami tidak punya kepentingan di Polandia, Latvia, atau [anggota NATO] lainnya.”



Ketika ditanya apakah dia mempunyai tujuan teritorial di seluruh benua, Putin menjawab: “Hal itu sama sekali tidak mungkin.”

“Anda tidak perlu menjadi seorang analis untuk memahami bahwa terlibat dalam perang global bertentangan dengan akal sehat. Perang global akan membawa seluruh umat manusia ke ambang kehancuran,” tegas Presiden Putin, seperti dikutip dari RT, Jumat (9/2/2024).

Putin lebih lanjut berpendapat bahwa pemerintah Barat menggunakan taktik menakut-nakuti untuk meyakinkan pembayar pajak mereka agar memberikan lebih banyak uang untuk melemahkan Rusia di Ukraina dan negara lain.

Moskow telah berulang kali menyebut ekspansi berkelanjutan NATO ke arah timur dan dukungannya terhadap Kiev sebagai salah satu akar penyebab konflik yang terjadi di Ukraina saat ini.

Para pejabat Rusia juga memperingatkan bahwa pengiriman senjata dan peralatan militer lainnya ke Ukraina hanya akan menambah eskalasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)