Ucapkan Selamat kepada Erdogan, Rouhani: Semoga Hubungan Iran-Turki Menguat

Senin, 25 Juni 2018 - 17:39 WIB
Ucapkan Selamat kepada Erdogan, Rouhani: Semoga Hubungan Iran-Turki Menguat
Ucapkan Selamat kepada Erdogan, Rouhani: Semoga Hubungan Iran-Turki Menguat
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani turut menyatakan ucapan selamat kepada Presiden Turki, Tayyip Erdogan, atas kemenangannya dalam pemilihan umum Turki. Erdogan unggul cukup telak dari lawan-lawannya.

"Saya mengucapkan selamat kepada Anda (Erdogan) dengan penuh sukacita dan kebahagiaan atas kemenangan Anda dan keyakinan baru dalam pemilihan presiden," kata Rouhani dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (25/6).

"Mengingat hubungan historis, budaya dan agama yang kuat antara kedua negara, saya berharap hubungan persahabatan dengan Turki akan menguat," sambungnya dan menambahkan dia berdoa masyarakat Turki selalu diliputi oleh kebahagiaan.

Seperti diketahui, pemilu presiden dan parlemen Turki yang digelar hari Minggu merupakan pemilu bersejarah, karena merupakan pemilu pertama di bawah sistem konsitusi baru, yakni presidensial.

Erdogan meraih lebih dari 50 persen suara dalam pemilu presiden. Sedangkan untuk pemilu parlemen, partai Erdogan; Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkoalisi dengan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) meraih lebih dari 45 persen suara. Penghitungan suara sampai hari ini (25/6/2018) telah rampung 97 persen.

Dalam sebuah pernyataan, Erdogan dan partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) menyebut kemenangan ini sebagai kemenangan rakyat Turki dan berharap hasilnya tidak dicurangi.

"Demokrasi kami telah menang, kemauan rakyat telah menang, Turki telah menang," kata Erdogan kepada kerumunan pendukungnya di Ankara.

Dia juga berterima kasih kepada rakyat Turki yang memberikan suara mereka dalam pemilu yang dianggap memecahkan rekor dengan jumlah pemilih mencapai 87 persen.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3296 seconds (0.1#10.140)