Dua Orang Tewas Akibat Serangan Granat di Ethiopia

Minggu, 24 Juni 2018 - 16:48 WIB
Dua Orang Tewas Akibat Serangan Granat di Ethiopia
Dua Orang Tewas Akibat Serangan Granat di Ethiopia
A A A
ADDIS ABABA - Dua orang tewas setelah serangan granat mematikan di Ibu Kota Ethiopia yang juga melukai 150 orang lainnya. Serangan itu terjadi di tengah aksi demonstrasi untuk mendukung Perdana Menteri Ethiopia yang baru, Abiy Ahmed.

“Saya sangat menyesal ketika mengetahui bahwa kami telah kehilangan korban serangan kemarin yang berada di ICU di Rumah Sakit Black Lion,” kata Menteri Kesehatan Amir Aman di Twitter pada hari Minggu (24/6/2018) seperti dilansir dari Reuters.

"Simpati dan belasungkawa tulus saya kepada keluarga, teman-teman & semua warga Etiopia," imbuhnya.

Serangan granat itu terjadi beberapa saat setelah Perdana Menteri Abiy Ahmed menyelesaikan pidatonya kepada puluhan ribu orang yang berkumpul di pusat Addis Ababa. Pria berusia 41 tahun itu menduduki tampuk kekuasaan pada April lalu.

Pasca kejadian, berbicara kepada warga Ethiopia di TV, Ahmed menegaskan insiden itu sebagai upaya yang telah direncanakan sebelumnya dan dengan hati-hati untuk mengganggu aksi demonstrasi damai tersebut. Ia juga mengatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk menangkap para pelaku dan mengungkap motif mereka di balik serangan tersebut.Baca Juga: Ledakan Granat Warnai Aksi Demonstrasi Dukung PM Baru Ethiopia
Granat Meledak Saat Demo di Ethiopia, Lebih dari 160 Cedera
Demonstrasi massa, yang diadakan di Addis Ababa dan kota-kota besar lainnya di seluruh negara Afrika Timur itu, diselenggarakan untuk memberikan kredit kepada Ahmed atas berbagai kegiatan yang dilakukan selama dua bulan terakhir.

Ahmed, yang mengambil posisi perdana menteri pada bulan April tahun ini, telah membuat berbagai keputusan yang terutama bertujuan untuk mewujudkan perdamaian dan persatuan di antara kelompok-kelompok etnis di negara tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4112 seconds (0.1#10.140)