Hari Ini, Turki Gelar Pemilu Presiden dan Parlemen

Minggu, 24 Juni 2018 - 14:53 WIB
Hari Ini, Turki Gelar Pemilu Presiden dan Parlemen
Hari Ini, Turki Gelar Pemilu Presiden dan Parlemen
A A A
ISTANBUL - Turki menggelar pemilihan umum (Pemilu) presiden dan parlemen hari ini, Minggu (24/6/2018). Pemilu ini menjadi tantangan terbesar bagi Presiden Tayyip Erdogan dan partainya, Partai AKP, sejak mereka menyapu kekuasaan lebih dari satu setengah dekade yang lalu.

Dikutip dari Reuters, Minggu (24/6/2018), lebih dari 56 juta orang terdaftar untuk memilih di 180.000 kotak suara di seluruh Turki. Pemilu akan dimulai jam 8 pagi dan akan berakhir pada jam 5 sore waktu setempat.

Presiden Erdogan memajukan pelaksanaan pemilu dari November 2019 dengan alasan pemerintahan baru akan lebih memungkinkannya untuk mengatasi masalah ekonomi negara itu. Tahun ini nilai tukar Lira melemah 20 persen terhadap Dolar. Pemerintahan baru juga memberinya kekuatan untuk menghadapi pemberontak Kurdi di tenggara Turki dan di negara tetangga Irak serta Suriah.

Namun dia berpendapat Muharrem Ince, calon presiden dari Partai Rakyat Republik (CHP) yang sekuler, yang tampil agresif dalam setiap kampanyenya telah menggembleng kelompok oposisi Turki yang telah lama terdemoralisasi dan terbagi.

Ketika berpidato di Istanbul pada Sabtu lalu yang dihadiri oleh ratusan ribu orang, Ince berjanji untuk membalikkan apa yang ia dan partai oposisi lihat sebagai ayunan menuju pemerintahan otoriter di bawah Erdogan di negara berpenduduk 81 juta orang itu.

"Jika Erdogan menang, ponsel Anda akan terus didengarkan. Ketakutan akan terus berkuasa. Jika Ince menang, pengadilan akan independen," kata Ince, menambahkan dia akan mencabut status darurat Turki dalam waktu 48 jam setelah terpilih.

Turki telah berada di bawah pemerintahan darurat - yang membatasi beberapa kebebasan pribadi dan memungkinkan pemerintah untuk memotong parlemen dengan keputusan darurat - selama hampir dua tahun setelah kudeta militer yang gagal pada Juli 2016.

Erdogan menyalahkan kudeta terhadap mantan sekutunya, ulama Muslim Fethullah Gulen, dan telah melakukan tindakan keras terhadap pengikutnya di Turki. PBB mengatakan sekitar 160.000 orang telah ditahan dan hampir lebih banyak lagi, termasuk para guru, hakim dan tentara, dipecat.

Para kritikus presiden, termasuk Uni Eropa di mana Turki masih bercita-cita untuk bergabung, mengatakan Erdogan telah menggunakan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat. Beberapa surat kabar atau media yang secara terbuka mengkritik pemerintah dan dia mendapatkan liputan pemilu lebih banyak daripada kandidat presiden lainnya.

“Ini bukan lagi Turki yang kami inginkan. Hak-hak dilanggar, demokrasi dalam kondisi buruk,” kata pekerja sektor kesehatan Sema (50) setelah pemungutan suara di Istanbul.

Dia dan yang lain di kota itu mengatakan bahwa mereka memilih Partai Demokrasi Rakyat (HDP) yang pro-Kurdi sehingga melampaui ambang batas 10 persen suara yang dibutuhkan untuk memasuki parlemen. Jika demikian, akan lebih sulit bagi AKP untuk mendapatkan suara mayoritas.

Erdogan, yang membela tindakan kerasnya dengan alasan untuk keamanan nasional, mengatakan kepada para pendukungnya pada kampanye pada hari Sabtu bahwa jika terpilih kembali ia akan maju terus dengan lebih banyak proyek infrastruktur besar yang telah membantu mengubah Turki menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia selama ia berkuasa.

Jajak pendapat menunjukkan Erdogan gagal meraih kemenangan di putaran pertama dalam pemilihan presiden. Namun ia diperkirakan akan memenangkan putaran kedua pada 8 Juli, sementara Partai AKP-nya kemungkinan akan kehilangan kursi mayoritasnya di parlemen. Situasi ini kemungkinan akan meningkatkan ketegangan antara presiden dan parlemen.

Calon presiden lainnya termasuk Selahattin Demirtas, pemimpin HDP, yang sekarang berada di penjara atas tuduhan terkait terorisme yang dia bantah.

Dalam banding terakhir untuk pemilu dalam klip video dari penjara keamanan tingginya, Demirtas mengatakan: “Jika HDP gagal masuk ke parlemen, semua Turki akan kalah. Mendukung HDP berarti mendukung demokrasi.”
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3724 seconds (0.1#10.140)