alexametrics

Pompeo: Trump Berkomitmen Ubah Perjanjian Gencatan Senjata Korut-Korsel

loading...
Pompeo: Trump Berkomitmen Ubah Perjanjian Gencatan Senjata Korut-Korsel
Pompeo menyatakan Trump telah berjanji kepada Jong-un untuk mengubah perjanjian gencatan senjata yang akan secara efektif menghentikan perang Korut-Korsel. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menyatakan Presiden AS, Donald Trump telah berjanji kepada pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un untuk "mengubah" perjanjian gencatan senjata Korea tahun 1953, yang akan secara efektif menghentikan permusuhan antara Korut dan Korea Selatan (Korsel).

Dalam pertukaran untuk denuklirisasi penuh, Pompeo mengatakan, Trump telah berkomitmen untuk memastikan mengubah perjanjian gencatan senjata dan memberikan jaminan keamanan yang dibutuhkan oleh Korut.

"Jika kita bisa mendapatkan keduanya dilakukan dengan cara yang benar, kita akan mengurangi ancaman global yang telah membuat khawatir AS dan dunia selama beberapa dekade," ucap Pompeo, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (19/6).

"Kami masih harus menyempurnakan semua hal yang mendasari komitmen yang dibuat hari itu di Singapura," katanya, mengacu pada pertemuan bersejarah pekan lalu antara presiden Trump dan Jong-un.



Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders kemudian mengkonfirmasi ucapan Pompeo. "Kami sedang menyelesaikan rincian tentang bagaimana proses itu akan terlihat," ucap Sanders.

Sementara itu, sebelumnya diwartakan Kementerian Pertahanan Korsel menyatakan pihaknya dan AS telah mencapai kesepakatan untuk menghentikan sementara latihan gabungan kedua negara. 

Penghentikan latihan gabungan, yang bernama "Freedom Guardian" adalah arahan langsung Trump. Di mana pemimpin AS itu menyebut latihan gabungan itu dapat menggangu proses pembicaraan dengan Korut.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak