Ini Kapal Selam Nuklir Tercanggih Miliki Rusia yang Ditakuti NATO

Minggu, 04 Februari 2024 - 19:46 WIB
loading...
Ini Kapal Selam Nuklir Tercanggih Miliki Rusia yang Ditakuti NATO
Rusia memiliki kapal nuklir tercanggih. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan peresmian kapal kapal selam nuklir Pangeran Pozharsky dari proyek Borey-A dari gudang kapal di kota utara Severodvinsk. Itu akan menjadi salah satu kapal selam nuklir tercanggih milik Rusia yang menjadi ancaman bagi NATO.

Peresmian diadakan di bawah kepemimpinan Panglima Angkatan Laut, Laksamana Nikolai Yevmenov dan menandai berakhirnya produksi kapal selam keempat di bawah proyek Borey-A.

“Upacara yang kami selenggarakan hari ini sekali lagi menegaskan arah penguatan dan pengembangan kekuatan nuklir strategis angkatan laut, yang terus kami ikuti demi menjamin keamanan negara,” kata Yevmenov, dilansir Anadolu.

Yevmenov mencatat bahwa angkatan laut menerima “kapal selam yang andal dan modern, yang desain dan konstruksinya mempertimbangkan tantangan yang menjadi ciri situasi di lautan.”

“Kapal selam nuklir Pangeran Pozharsky mewujudkan solusi teknologi tercanggih, pengalaman dan tradisi pembuatan kapal bawah air dalam negeri, yang dimiliki sepenuhnya oleh pembuat kapal, perancang, dan ilmuwan Sevmash,” kata Yevmenov.



Kapal selam itu akan menjalani uji coba pabrik dan uji negara dan kemudian akan memasuki layanan angkatan laut.

Proyek Borey-A diluncurkan pada tahun 2012 untuk memproduksi kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir. Pekerjaan dilakukan oleh Sevmash, yang merupakan bagian dari United Shipbuilding Corporation Rusia.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)