alexametrics

Menlu AS: Sanksi pada Korut Diterapkan Sampai Denuklirisasi Rampung

loading...
Menlu AS: Sanksi pada Korut Diterapkan Sampai Denuklirisasi Rampung
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan, Washington tidak akan mengulangi kesalahan dengan mencabut sanksi terhadap Korut, sebelum denuklirisasi rampung. Foto/Reuters
A+ A-
SEOUL - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, Washington tidak akan mengulangi kesalahan dengan mencabut sanksi terhadap Korea Utara (Korut), sebelum denuklirisasi benar-benar selesai.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel), Kang Kyung-hwa di Seoul, Pompeo menuturkan, AS, Korsel, dan Jepang berkomitmen untuk menyelesaikan denuklirisasi secara penuh dari Semenanjung Korea. Sebelum denuklirisasi itu seleasi, lanjut Pompeo, sanksi pada Korut akan dipertahankan.

Pompeo mencatat, bahwa Presiden AS Donald Trump sangat jelas tentang pengurutan denuklirisasi Korut, dengan pelonggaran sanksi ekonomi saat Pyongyang menyingkirkan semua nuklir mereka.

"Kami akan mendapatkan denuklirisasi lengkap. Setelah itu akan ada pengurangan atau pencabutan sanksi," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (14/6).

Sementara itu, Kang mengatakan bahwa kehadiran militer AS di Semenanjung Korea akan tetap menjadi penangkal utama ancaman Pyongyang, meskipun adanya perubahan sikap dalam hubungan AS-Korut.

"Pompeo dan saya menegaskan kembali bahwa aliansi Korsel-AS, tetap kuat dan bahwa pasukan AS di Korea telah bermain dan akan terus memainkan peran penting untuk pencegahan dan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," ungkapnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak