Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Terpopuler 2023 bagi Kaum Sedentary

Minggu, 04 Februari 2024 - 09:51 WIB
loading...
Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Terpopuler 2023 bagi Kaum Sedentary
Lari, Tenis, dan Golf Jadi Olahraga Terpopuler 2023 bagi Kaum Sedentary
A A A
JAKARTA - Olahraga lari, tenis, dan golf, menjadi yang terpopuler di tahun 2023 bagi kalangan mager atau males gerak (sedentary). Hal itu terungkap dari data aplikasi olahraga besutan Garmin , Garmin Connect.

Aplikasi Garmin Connect memiliki lebih dari 65 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Sementara di Indonesia tercatat lebih dari 640 ribu orang pengguna aplikasi tersebut.

Dari data yang terkumpul di Garmin Connect, ada tiga olahraga yang paling populer dilakukan masyarakat di Indonesia. Olahraga lari, tenis, dan golf menjadi tiga teratas dalam daftar disusul jenis kegiatan lain seperti berjalan di trotoar hingga menyelam ke dasar laut.



Marketing Communication Manager Garmin Indonesia, Chandrawidhi Desideriani, mengatakan olahraga lari mengalami peningkatan 79,48 persen pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Event lari banyak digelar pada tahun lalu, salah satunya Garmin Run Indonesia - Asia Series pada September 2023 yang diikuti 5.000 pelari. Sedangkan tenis mengalami peningkatan sangat pesat sebesar 18.148,48 dibandingkan 2022. Garmin juga mencatat kenaikan 27.290 aktivitas golf.

“Maraknya lomba lari ibarat bahan bakar roket bagi olahraga di Indonesia. Berlari di Indonesia bukan hanya tentang meraih medali, mengalahkan rekor personal, tapi tentang persahabatan dan penemuan diri. Balap lari menyediakan platform yang sempurna untuk semua itu,” kata Chandrawidhi Desideriani.

Chandrawidhi Desideriani menjelaskan Tenis menjadi salah satu olahraga populer sepanjang 2023. Selain lapangan dan peralatan mudah didapatkan, peran selebritis juga mempengaruhi peningkatan terhadap olahraga tersebut.

"Selain itu, keterjangkauan dan aksesibilitas lapangan tenis juga berperan besar dan didukung juga dengan maraknya pemain tenis selebriti di Indonesia turut berkontribusi terhadap booming-nya popularitas olahraga ini,” sambung Chandrawidhi Desideriani.

Sementara Garmin mencatat 27.290 aktivitas golf sepanjang 2023. Peningkatan tersebut didukung dengan lapangan yang sudah mulai banyak tersedia, peralatan yang terjangkau, dan format permainan yang fleksibel membuat golf kini lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas.

Selain lari, tenis serta golf, Garmin Connect juga menemukan sejumlah olahraga yang sedang diminati masyarakat Indonesia. Mulai dari berjalan-jalan di trotoar hingga menjelajahi kedalaman laut, dan melampaui batas dengan olahraga intensitas tinggi, masyarakat Indonesia kini menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Menurut data dari Garmin Connect, olahraga ekstrem seperti menyelam berhasil memikat banyak orang hingga membuat aktivitas tersebut mengalami peningkatan hingga 329,22 persen. Orang-orang yang memilih olahraga menyelam memiliki tujuan seperti melihat keindahan terumbu karang, mencari ketenangan dengan apnea, petualangan bawah laut, dan pengalaman olahraga berbeda dari kebanyakan lainnya.

Kemudian, aktivitas HIIT juga mengalami peningkatan sebesar 201,92 persen dan menjadi pilihan bagi masyarakat yang menginginkan olahraga hemat waktu. Sedangkan, renang juga mengalami peningkatan sebesar 133,33 persen yang tercatat dari penggunaan Garmin di Indonesia selama 2023.

Sementara Mendaki gunung, yang dahulu dianggap sebagai aktivitas khusus, kini menjadi upaya yang berkembang pesat, menghubungkan individu dengan alam, meningkatkan kebugaran, dan menciptakan kenangan abadi. Sepanjang 2023 hiking atau mendaki atau mendaki mengalami peningkatan signifikan sebesar 77,13 persen.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)