alexametrics

Menlu AS Bakal Menyambangi Korsel

loading...
Menlu AS Bakal Menyambangi Korsel
Mnelu AS Mike Pompeo akan menyambangi Korsel untuk memberikan laporan terkait pertemuan antara Trump dan Kim Jong-un. Foto/Istimewa
A+ A-
SEOUL - Diplomat top Amerika Serikat (AS) berencana mengunjungi Korea Selatan (Korsel) pada Rabu (13/6/2018) malam. Kunjungan ini hanya berselang sehari setelah pertemuan bersejarah antara Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump.

"Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan tiba di Korea Selatan di kemudian hari untuk bertemu Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha," menurut kementerian luar negeri Seoul dan laporan media lokal seperti dikutip dari Xinhua.

Pompeo dan Kang akan mengadakan pertemuan bilateral dan pertemuan trilateral, termasuk rekan mereka dari Jepang, di Seoul pada Kamis sebelum mengadakan konferensi pers bersama.

Ini akan menandai kunjungan resmi pertama oleh diplomat teratas AS ke Korsel sejak ia menjabat pada bulan April.

Setelah mengadakan pertemuan di Singapura dengan pimpinan Korut, Trump mengatakan akan mengirim Pompeo ke Korsel untuk menjelaskan hasil dari pertemuan tersebut kepada Korsel.

Pertemuan Trump-Jong-un diadakan Selasa kemarin di pulau wisata Singapura Sentosa, di mana para pemimpin menandatangani pernyataan bersama. Dalam pernyataan itu Jong-un dan Trump setuju untuk menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea dengan imbalan jaminan keamanan untuk Korut.

Pyongyang dan Washington juga sepakat untuk membangun hubungan bilateral baru dan membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di semenanjung itu.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak