Ikut Pengajian dan Sholawatan, Banyak Tahanan Polres Siak Menangis

Sabtu, 03 Februari 2024 - 17:22 WIB
loading...
Ikut Pengajian dan Sholawatan, Banyak Tahanan Polres Siak Menangis
Polres Siak menggelar pengajian dan sholawatan bersama 98 tahanan di Gedung Endra Dharma Laksana, Sabtu (3/2/2024). Dalam acara ini banyak tahanan menangis haru. Foto/MPI/Banda Haruddin Tanjung
A A A
SIAK - Polres Siak , Riau menggelar pengajian dan sholawatan bersama 98 orang tahanan di Gedung Endra Dharma Laksana, Sabtu (3/2/2024). Dalam acara kerohanian ini, banyak tahanan yang menangis haru.

Kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Isra Mikraj dengan tema Isra Mikraj Untuk Mewujudkan Polri Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai di Polres Siak.



Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi memeluk hangat para tahanan laki-laki sesudah melaksanakan kegiatan pengajian dan sholawatan. Seketika haru dan isak tangis dari para tahanan pecah.

"Kegiatan ini merupakan wujud bahwa kami dari Polres Siak menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah kepada siapapun, termasuk kepada saudara kita yang sedang menjalani proses hukum. Mereka memiliki hak yang sama dan perlakuan yang sama di mata hukum, secara hakikinya kita semua juga sama di mata Allah," ungkap Asep Sujarwadi.

Dia berharap dengan kegiatan ini, bisa memberikan motivasi dan pencerahan secara mental spritual kepada para tahanan, sekaligus sebagai proses mawas diri atas semua perbuatan yang telah mereka dilakukan.

"Sebagian besar dari para tahanan banyak yang terharu, bahkan ada yang menangis, saya yakin dan percaya para tahanan banyak yang menyesali perbuatan yang telah mereka lakukan dan semoga saja para tahan bisa merubah dirinya lebih baik lagi kedepannya," jelas Kapolres Siak.



Asep juga mengungkapkan, bahwa para tahanan juga memiliki hak yang sama dalam pemilu nantinya. Mereka berhak memilih siapa saja yang akan menjadi wakil rakyat ataupun presiden dan wakil presiden nantinya.

"Kami juga menyampaikan pesan pemilu damai kepada semua tahanan, dan mereka berhak memilih siapapun menurut hati nurani mereka masing-masing. Perlakuan dalam proses pemilu nanti tetap sama dengan masyarakat yang lain, cuma suasana dan tempat nya saja yang berbeda," imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa pihak nya sudah berkordinasi dengan pihak KPU dan Bawaslu Kabupaten Siak terkait prosedur proses pemungutan suara nanti nya kepada para tahanan Polres Siak. Kapolres memastikan bahwa Pemilu damai akan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)