alexametrics

Puji Pertemuan Trump-Jong-un, PBB Siap Dukung Denuklirisasi Korut

loading...
Puji Pertemuan Trump-Jong-un, PBB Siap Dukung Denuklirisasi Korut
Sekjen PBB Antonio Guterres menyatakan PBB siap membantu proses denuklirisasi Korut. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres memuji para pemimpin Korea Utara (Korut) dan Amerika Serikat (AS) karena mengejar solusi diplomatik. Pernyataan ini dikeluarkan beberapa saat sebelum pertemuan puncak keduanya di Singapura.

"Dunia sedang mengamati dengan seksama apa yang akan terjadi di Singapura dalam beberapa jam," kata Guterres, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (12/6/2018).

Guterres memuji kedua pemimpin itu atas upaya mereka menuju solusi diplomatik dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk menciptakan kondisi untuk pertemuan puncak tersebut.

Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump tiba di Singapura pada hari Minggu untuk pertemuan bersejarah yang dijadwalkan hari ini di Hotel Capella di pulau resor Sentosa di Singapura.

Berbicara pada pertemuan pers, Sekjen PBB menekankan bahwa perdamaian dan perombakan denuklirisasi harus tetap jelas dan tujuan bersama, mencatat bahwa jalan di depan membutuhkan kerja sama, kompromi dan penyebab umum.

Pria asal Portugal berjanji bahwa bagian-bagian yang relevan dari sistem PBB siap mendukung proses itu dengan cara apa pun, termasuk verifikasi jika diminta oleh pihak-pihak kunci.

Ia melanjutkan dengan daftar organ PBB yang dapat membantu mendorong proses ini.

"Badan Energi Atom Internasional memiliki mandat untuk menerapkan pengamanan pada semua bahan nuklir dalam penggunaan damai, termasuk semua materi yang dihapus dari program militer," jelas Guterres.

"Organisasi Pelarangan Uji Coba Nuklir Komprehensif juga bisa memainkan peran penting dalam memantau moratorium yang diumumkan Korea Utara pada uji coba bahan peledak nuklir," tambahnya.

"Dewan Keamanan telah secara konsisten menggarisbawahi keinginannya untuk solusi damai, diplomatik dan politik terhadap situasi, serta mendesak kerja lebih lanjut untuk mengurangi ketegangan," tukasnya.

Menutup pidatonya, Guterres menyatakan harapannya bahwa semua pihak akan memanfaatkan kesempatan ini untuk mendukung Semenanjung Korea yang tenang, makmur, aman, dan dapat diverifikasi.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak