5 Negara dengan Penduduk Tergemuk di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Sabtu, 03 Februari 2024 - 07:30 WIB
loading...
5 Negara dengan Penduduk Tergemuk di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?
Negara dengan penduduk tergemuk di dunia diduduki oleh Nauru. Negara di Mikronesia ini berada di peringkat teratas dengan jumlah penderita obesitas terbanyak. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Negara dengan penduduk tergemuk di dunia diduduki oleh Nauru. Negara kepulauan kecil di Mikronesia ini berada di peringkat teratas dengan jumlah penderita obesitas terbanyak.

Nauru memiliki tingkat diabetes tipe 2 tertinggi yaitu 40 persen, 71 persen penduduknya mengalami obesitas, dan 97 persen pria kelebihan berat badan. Negara dengan penduduk tergemuk di dunia lainnya mengalami kelebihan berat badan akibat berbagai faktor.

Seperti halnya, pola makan, gaya hidup, dan faktor genetik. Sementara itu, pengukuran obesitas biasanya menggunakan indeks massa tubuh (Body Mass Index/BMI). Upaya pencegahan obesitas dan promosi gaya hidup sehat menjadi penting di seluruh dunia untuk mengatasi masalah ini.

Negara dengan Penduduk Tergemuk di Dunia



Berikut negara dengan penduduk tergemuk di dunia dilansir dari Stars Insider, Sabtu (3/2/2024).



1. Nauru


Nauru, sebuah pulau di Pasifik, telah dilaporkan memiliki tingkat obesitas yang tinggi. Faktor-faktor seperti perubahan pola makan dan gaya hidup modern dapat berkontribusi pada tingginya tingkat obesitas di negara ini.

2. Kepulauan Cook


Kepulauan Cook, juga terletak di Pasifik, memiliki tingkat obesitas yang signifikan. Pola makan tradisional yang telah digantikan oleh makanan yang lebih diproses dan gaya hidup modern telah berdampak pada kesehatan penduduknya.



3. Tonga


Tonga, negara di Samudra Pasifik, juga mencatat tingkat obesitas yang tinggi. Gaya hidup yang kurang aktif dan perubahan dalam pola makan tradisional dapat menjadi penyebabnya.

4. Samoa


Samoa, seperti beberapa negara lain di Pasifik, menghadapi masalah serius terkait obesitas. Pergeseran dari pola makan tradisional yang sehat menjadi makanan yang lebih tinggi lemak dan kalori dapat menjadi penyebab utama.



5. Amerika Serikat


Meskipun bukan negara dengan populasi terkecil, Amerika Serikat memiliki tingkat obesitas yang tinggi. Pola makan yang kurang sehat dan gaya hidup yang kurang aktif adalah faktor utama yang berkontribusi pada masalah obesitas di negara ini.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2407 seconds (0.1#10.140)