Sosok Rycko Amelza Dahniel, Jenderal Polisi Bintang 3 yang Bekuk Gembong Teroris Dr Azahari

Jum'at, 02 Februari 2024 - 08:36 WIB
loading...
Sosok Rycko Amelza Dahniel, Jenderal Polisi Bintang 3 yang Bekuk Gembong Teroris Dr Azahari
Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel pernah tergabung dalam tim Bareskrim yang membekuk gembong teroris Dr Azahari. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel merupakan salah seorang perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Rycko Amelza Dahniel pernah tergabung dalam tim Bareskrim Polri yang memburu kelompok teroris. Nama-nama besar ada di dalam tim tersebut antara lain ada Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, hingga Idham Azis.

Tim ini akhirnya berhasil melumpuhkan gembong teroris Dr Azahri dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur. Atas prestasi tersebut, Rycko Amelza dan rekan setim mendapat kenaikan pangkat luar biasa pada 2005.



Profil Mohammed Rycko Amelza Dahniel

Komisaris Jenderal Polisi Mohammed Rycko Amelza Dahniel lahir di Bogor, 14 Agustus 1966. Mengacu tahun kelahirannya, ia sudah memasuki usia ke-57 tahun.

Pada riwayatnya, jenderal polisi bintang 3 ini tercatat sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988. Menariknya, ia berhasil keluar sebagai lulusan terbaik dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa.

Pascalulus pendidikan Akpol, Rycko pertama kali ditugaskan di Polres Metro Jakarta Pusat. Seiring waktu, kariernya mulai naik secara perlahan. Tak hanya kenaikan pangkat, hal ini juga dibuktikan dengan kepercayaan yang diberikan untuk mengisi berbagai posisi strategis.

Pada 2009, Rycko menjadi Pamen SDE SDM Polri. Waktu itu, ia mendapat penugasan sebagai Ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tugasnya sebagai Ajudan Presiden SBY berakhir pada 2012. Setelah itu, ia mendapat tugas baru menjadi Kabagjianpolmas Bid PPITK STIK Lemdikpol.

Setelahnya, karier Rycko Amelza Dahniel semakin cemerlang. Sempat menjadi Wakapolda Jabar (2013), ia ditunjuk menjadi Kepala STIK Lemdikpol pada 2014.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)